Textbook
Internalisasi Sikap Disiplin dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas 5 di MI Al-Hidayah GUPPI Kota Cirebon
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi Sikap Disiplin
dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas 5 di MI Al-Hidayah GUPPI
Kota Cirebon. Fokus masalah yang dikaji adalah bagaimana sikap disiplin dikelas
5, tahapan internalisasi sikap disiplin siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak
kelas 5 di MI Al – Hidayah GUPPI Kota Cirebon., apa yang menjadi faktor
pendukung dan penghambat mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk
sikap disiplin siswa kelas 5 di MI Al – Hidayah GUPPI Kota Cirebon, apa saja
hasil dari internalisasi mata pejaran akidah akhlak dalam membentuk sikap
disiplin siswa kelas 5 di MI Al – Hidayah GUPPI Kota Cirebon.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatatif. Penelitian ini dilaksanakan
dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, peneyelesaian. Subjek penelitian adalah
sikap disiplin siswa. Teknik pengumpulan daat menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen
utama yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian diketahu bahwa Internalisasi sikap disiplin dalam mata
pelajaran akidah akhlak siswa kelas 5 di MI Al- Hidayah GUPPI Kota Cirebon
sudah dterapkan dan berjalan dengan baik pelajran akidah akhlak dilaksnakan
sekali dalam satu minggu dihari sabtu pada jam setelah istirahat, yang
disampaikan oleh guru akidah akhlak dan wali kelas. Tahapan Internalisasi yaitu
Transaksi nilai – nilai akidah akhla dan transinternalisasi nilai. Metode yang
digunakan dalam pemasukan nilai atau internalisasi dari mata pelajaran akidah
akhlak yaitu metode ceramah, tanya jawan dan diskusi. Hasil Internalisasi sikap
disiplin dalam mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas 5 di MI Al- Hidayah
GUPPI Kota Cirebon yaitu menyadarkan siswa akan pentingnya sikap disiplin
siswa mengetahui tentang kedisiplinan lebih dalam, tata laksana sekolah berjalan
dengan baik serta Meningkat nya sikap disiplin siswa.
Faktor pendukung dan penghambat Internalisasi sikap disiplin dalam mata
pelajaran akidah akahlak. Faktor pendukung nya yaitu tingkat kesadaran siswa
untuk disiplin lumayan tinggi, serta adanya kontrak belajar yang disepakati oleh
siswa dan guru yang mengandung peraturan dan konsikuensinya ketika
melakukan tindakan yang tidak disiplin serta guru yang ramah serta selalu
memberikan nasehat kepada siswa sehingga siswa merasa senang dalam kegiatan
belajar maka dalam hal ini tujuanpembelajaran mudah diterima oleh siwa. Faktor
penghambat nya yaitu dari kalangan keluarga yang orang tuanya sangat sibuk
sehingga anak kurang diperhatiakn dibimbing untuk mengingatkan tugas dan
tanggung jawabnya, serta penjelasan yang diberikan guru dominan menggunakan
metode ceramah sehingga membuat peserta didik merasa jenuh.
227307017 | K PGMI-22017 RIF i | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain