Textbook
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah Akhlak di MI
Pendidikan akhlak merupakan suatu usaha menghilangkan kebiasaankebiasaan buruk agar terciptanya perilaku-perilaku lahir maupun batin yang baik
guna membentuk keseimbangan antara hablumminallah dan hablumminannas. Di
era milenial ini, para orang tua dan guru dihadapkan dengan fenomena
kemerosotan akhlak anak akibat penggunaan gadget dan akses terhadap media
sosial seperti YouTube. Film kartun atau film animasi asing seperti Larva, Barbie,
Doraemon, Masha and The Bear serta Frozen yang disukai dan banyak ditonton
oleh anak-anak ternyata sarat akan perselisihan, kekerasan, perbuatan tidak sopan,
dan juga percintaan. Film-film ini tidak layak dijadikan contoh bagi anak-anak
dalam rangka pembentukan akhlak yang baik.
Film serial animasi Riko The Series merupakan salah satu film animasi atau
film kartun yang sarat dengan nilai-nilai pendidikan akhlak, Qur’an dan sains.
Sehingga dapat dijadikan referensi tontonan yang tepat guna membantu
pembentukan akhlak serta menambah wawasan keislaman dan keilmuan bagi
anak-anak.
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilainilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film serial animasi Riko The
Series; (2) Untuk mengetahui materi pelajaran Akidah Akhlak kelas rendah di MI;
dan (3) Untuk mengetahui relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dalam
film serial animasi Riko The Series terhadap materi pelajaran Akidah Akhlak di
MI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
berupa metode semiotika teori Charles Sanders Peirce. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan transkrip. Subjek
dalam penelitian ini adalah film serial animasi Riko The Series Season 1 yaitu
episode 1, 3, 8, 17, dan 20 yang ada di dalam kanal YouTube Riko The Series.
Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis)
dengan model interaktif. Uji kreadibilitas data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film
serial animasi Riko The Series meliputi akhlak terhadap Allah Swt., Rasulullah
Saw., diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan dan akhlak bernegara; (2)
Materi pelajaran Akidah Akhlak di kelas rendah (I, II, dan III) MI meliputi materi
tentang dua kalimat syahadat, asmaul husna, kisah keteladanan nabi, rukun iman,
kalimat thayyibah, adab dan akhlak sehari-hari,sifat wajib bagi Allah Swt., surga
dan neraka serta kisah Kan’an; (3) Relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak
dalam film serial animasi Riko The Series terhadap materi pelajaran Akidah
Akhlak di kelas rendah MI dilihat dari segi materi pokok per bab (secara garis
besar) serta berpedoman pada Kompetensi Dasar yang termaktub di dalam KMA
Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah.
227307004 | K PGMI-22004 NUR a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain