Textbook
Analisis Konten Pedagogis Buku Teks Biologi Kelas X Pada Pokok Bahasan Kingdom Protista
lajaran. Permasalahan konsep materi pembelajaran sering kali berbeda
dengan konsep yang ada. Buku teks yang digunakan terkadang begitu kompleks
dan seringkali menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami sehingga siswa
mengalami kesulitan untuk membangun pemahaman terkait materi yang sedang
dipelajari. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbandingan kualitas ketepatan konsep, ketepatan dengan tujuan kurikulum,
keterbacaan teks, serta representasi visual buku teks biologi SMA kelas X pada
pokok bahasan Kingdom Protista dari kurikulum berbeda. Buku teks yang
dianalisis menggunakan buku penerbit Grafindo dengan kurikulum berbeda, yaitu
KTSP 2006, Kuirkulum 2013, dan Kuirkulum 2013 Edisi Revisi 2016. Metode
penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), pendekatan
deskriptif kualitatif, instrumen penelitian menggunakan protokol analisis isi yang
sudah dibuat. Hasilnya tingkat ketepatan konsep pada ketiga buku sampel yang
dianalisis memiliki atribut ketepatan konsep memadai (76%), atribut kritis (21%),
dan tidak memadai (3%). Ketepatan kata kerja operasional dengan rumusan tujuan
pembelajaran dari ketiga buku sama dan mendapat skor 1 kategori kurang,
keseimbangan jenjang kognitif dengan rata-rata skor 1,67 kategori cukup, dan
ketepatan materi dalam rumusan tujuan pembelajaran dari ketiga buku mendapat
skor 3 kategori sangat baik. Tingkat keterbacaan isi dari ketiga buku sampel
dengan kode teks terbanyak masuk pada daerah invalid, menunjukkan bacaan
kurang baik karena tidak memiliki peringkat baca untuk peringkat manapun.
Hubungan representasi visual dengan konten materi dari ketiga buku sampel
kategori tertinggi ada hubungan, hubungan representasi visual dengan realitas
kategori tertinggi pada metafora, dan fungsi representasi visual kategori tertinggi
pada pemberi contoh.
227306005 | K BIO-22005 FUA a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain