Textbook
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Terhadap Pemahaman Matematika Siswa MTS NU Putri 3 Buntet Pesantren
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman
matematika siswa. Guru memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar
sehingga menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu
pembelajaran. Selain tugasnya mengajar, guru juga dituntut untuk mempunyai
keahlian lain yang dapat memberikan pengaruh positif yang dapat membangun
pemahaman siswa salah satunya adalah kompetensi pedagogik serta kemampuan
pemahaman materi (konten), apabila keduanya digabung maka akan menjadi
kemampuan konten pedagogik (pedagodical content knowledge). Semakin baik
kompetensi konten pedagogik guru maka semakin baik pula kemampuan
mengajar yang akan dimilikinya. Hal ini akan meningkatkan persepsi siswa
tentang pedagogical content knowledge guru ke arah positif dan kuat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang
pedagogiocal content knowledge guru matematika terhadap pemahaman
matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan tes. Populasi pada penelitian
ini ialah siswa kelas VII MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon pada Tahun
Pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 321 orang. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Probability Sampling. Dengan menggunakan teknik
pengambilan sampel tersebut masing-masing kelas mendapatkan kesempatan yang
sama untuk menjadi sampel penelitian dengan pengambilan 10% siswa tiap
kelasnya. Teknik analisisnya yaitu dengan menggunakan uji regresi linear
sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata persepsi siswa
tentang pedagogical content knowledge guru matematika adalah 76,5% dengan
kategori kuat, dan skor rata-rata pemahaman matematika siswa adalah 75,4
dengan kategori baik. Hasil dari uji regresi diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu
64,650 > 2,69 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikn antara persepsi
siswa tentang pedagogical content knowledge guru matematika terhadap
pemahaman matematika siswa.
227305088 | K MTK-22088 ATA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain