Textbook
Persepsi Guru Matematika Terhadap Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru matematika terhadap
penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP Negeri se-Kota Cirebon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner berupa skala guttman dan tes berupa true/false. Populasi dalam
penelitian ini adalah guru matematika SMP Negeri se-Kota Cirebon dan sampel yang
diambil 11 SMP Negeri Kota Cirebon dengan jumlah guru matematika 45 orang.
Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dengan membandingkan data hasil kuesioner
dan tes serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
pemahaman guru matematika terhadap konsep penilaian Higher Order Thinking Skills
(HOTS) di SMP Negeri Kota Cirebon berada pada kategori “Sangat Baik” dengan
persentase sebesar 2% (1 guru), kategori “Baik” dengan persentase 69% (31 guru) ,
ksategori “Cukup” dengan persentase 29% (13 guru), hasil tes menunjukkan bahwa
sebagian besar guru (78%) berada pada kategori “cukup”, sementara hanya sedikit (22%)
guru yang kemampuannya baik dalam membedakan soal HOTS dan bukan HOTS dan
hasil wawancara menunjukkan masih ada guru matematika yang hanya menerapkan
soal berbasis HOTS pada saat PTS dan PAS saja dan masih ada guru yang hanya
sesekali memberikan soal berbasis HOTS karena kurangnya kemampuan siswa
dalam menyelesaikan soal-soal HOTS dan masih ada guru yang kesulitan dalam
menyusun soal HOTS, sedangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir
tingkat tinggi siswa, guru harus membiasakan siswa dalam menghadapi soal-soal
berbasis HOTS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masih banyak guru
yang memiliki persepsi yang tidak tepat terhadap penilaian Higher Order Thinking
Skills (HOTS) dan masih ada guru yang belum menerapkan penilaian HOTS dalam
proses pembelajaran tetapi hanya saat PTS dan PAS saja.
227305086 | K MTK-22086 MEL p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain