Textbook
Penerapan Science, Technology, Engineering, Mathematics-Project Based Learning (STEM-PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Pada Materi Trigonometri
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif
siswa dalam pembelajaran matematika pada materi trigonometri, menggunakan
model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM (Science,
Technology, Engineering, Mathematic) pada siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Cirebon.
Secara khususnya tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan peningkatan kemampuan
berpikir kreatif siswa serta mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEM-PjBL.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap sampel 35
siswa kelas X dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Berdasarkan
hasil perhitungan rata-rata nilai posttest siswa sebesar 79,83 lebih besar daripada
hasil pretest yaitu 30,81 pada kemampuan berpikir kritis siswa, dan perbandingan
rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif pada posttest diperoleh hasil sebesar
81,33 lebih besar daripada hasil pretest 32,00. Untuk mengetahui peningkatan
kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dilakukan perhitungan menggunakan
uji N-Gain, hasil perhitungan uji N-Gain diperoleh rata-rata hasil sebesar 0,71 pada
kemampuan berpikir kritis siswa dan termasuk kategori tinggi. Pada kemampuan
berpikir kreatif siswa diperoleh hasil perhitungan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,72
dan termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi trigonometri
sesudah menerapkan model pembelajaran STEM-PjBL pada kelas X IPS 4 di MAN
Cirebon 1.
227305085 | K MTK-22085 SRI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair |
Tidak tersedia versi lain