Textbook
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Dengan Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Bahan ajar memiliki peranan penting untuk berlangsungnya
pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih optimal . Guru harus menciptakan
sebuah media pembelajaran dan bahan ajar yang tentunya agar siswa merasa
tertarik dan aktif saat pembelajaran. Pada masa pandemi seperti ini pembelajaran
secara online tentunya tidak efektif jika penggunaan bahan ajar berbasis cetak,
dikarenakan terbatasnya sebuah komunikasi antara siswa dengan guru. Salah satu
bahan ajar yang dapat diupayakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah
bahan ajar berbasis E-Modul dengan aplikasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan
untuk : 1)Untuk mengetahui bagaimana kelayakan e-modul dengan aplikasi
quizizz terhadap hasil belajar matematika siswa, 2)Untuk mengetahui hasil belajar
siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul dengan aplikasi quizizz, 3)Untuk
mengetahui respon siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul dengan
aplikasi quizizz. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan
(Research and Development) menggunakan metode dengan model ADDIE.
Populasi adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumber tahun ajaran
2021/2022. Sampel dalam penelitian ini . Kelas yang digunakan yakni kelas VII G
sebagai kelas kontrol dan VII I sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang
digunakan adalah tes dan angket. Hasil Penelitia ini adalah : 1) Berdasarkan hasil
validasi dari ahli materi dan ahli media bahwa pengembangan bahan ajar berbasis
e-modul dengan aplikasi quizizz layak untuk digunakan sebagai bahan ajar
matematika, 2) Hasil belajar matematika siswa meningkat setelah diberikannya
bahan ajar e-modul dengan aplikasi quizizzi pada proses pembelajaran, artinya
bahwa bahan ajar tersebut efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa, melalui uji independent semple t-test diperoleh nilai probabilitas
(signifikansi 2 tailed) dengan uji-t adalah 0,000. Ini menunjukkan bahwa nilai
probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau
pengembangan bahan ajar berbasis e-modul dengan alplikasi quizizz efektif
terhadap hasil belajar matematika siswa, 3) Respon siswa terhadap bahan ajar
berbasis e-modul dengan aplikasi quizizz berada pada kategori cukup baik. Hal ini
dilihat dari hasil analisis data perolehan rata-rata kumulatif dari angket respon
dengan lima indikator memperoleh 77,6% dengan kriteria baik
227305079 | K MTK-22079 ZEN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain