Textbook
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Media Video Conferences Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMK Veteran Cirebon
Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan elemen penting
agar siswa mampu mengkonstruksikan kemampuannya sendiri dalam
pembelajaran matematika. Agar tujuan pembelajaran matematika tercapai guru
harus dapat menciptakan pembelajaran matematika yang efektif dan efisien
dengan strategi dan pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk dapat
memberikan peluang dan mendorong siswa untuk melatih kemampuan
komunikasi matematisnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat
diupayakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
adalah model pembelajaran blended learning dengan media video conferences.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kemampuan komunikasi
matematis siswa di SMK Veteran Kota Cirebon setelah penerapan model
pembelajaran blended learning dengan media video conferences, 2)
Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning dengan
media video conferences terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, 3)
Mengetahui respon siswa dalam pembelajaran matematika terkait penerapan
model pembelajaran blended learning dengan media video conferences di
SMK Veteran Kota Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
ekperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest
posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK
Veteran Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini kelas
XII AKL sebagai kelas eskperimen. Intrumen yang digunakan adalah tes dan
angket. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan rata-rata nilai
pretest dan postest kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen
sebelumnya 36,50 mengalami peningkatan menjadi 70,95 dengan selisih nilai
rata-rata sebesar 34,45. Melalui uji uji normalitas gain disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran blended learning dengan metode video
conferences memiliki tingkat keefektivan yang didominasi oleh kriteria sedang
sebanyak 95 %. 2) Kemampuan komunikasi matematis nilai >
= 12,972 > 2,100922, maka ditolak atau diterima. berarti terdapat
pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning dengan media video
conferences terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, 3) Respon
siswa terhadap penerapan penerapan model pembelajaran blended learning
dengan media video conferences memiliki rata-rata sebesar 74,3 % dengan
kategori cukup baik.
227305078 | K MTK-22078 TIA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain