Textbook
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict Dengan Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar
peserta didik mata pelajaran matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan minat
dan hasil belajar matematika adalah dengan penggunaan media animasi powtoon
agar terciptanya lingkungan belajar yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media animasi
powtoon, untuk menganalisis respon peserta didik terhadap media animasi
powtoon, untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik
dengan penggunaan media animasi powtoon, dan untuk mengetahui sejauh mana
efektivitas penggunaan media animasi powtoon terhadap minat dan hasil belajar
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan desain pre-experimental
dengan tipe one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan pada MTs
Al-Bannaa Cikalahang kelas VII. Penelitian dalam upaya meningkatkan minat dan
hasil belajar peserta didik menggunakan bantuan media animasi powtoon pada mata
pelajaran matematika materi aritmatika sosial di kelas VII MTs Al-Banna
Cikalahang telah diselenggarakan dengan hasil penggunaan media animasi
powtoon efektif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal
tersebut ditunjukkan pada nilai kumulatif persentase angket respon siswa yaitu
sebesar 76% dengan kriteria efektif dan perolehan angket minat sebesar 58,38%
sebelum penggunaan media animasi powtoon dengan kriteria cukup serta 74,76%
sesudah dengan penggunaan media animasi powtoon dengan kriteria baik. Terdapat
pebedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest matematika hal ini dapat
ditunjukkan pada nilai rata-rata pretest sebesar 35,24 sedangkan posttest sebesar
72,14 selain itu hasil uji t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang
artinya hipotesis diterima. Sedangkan hasil rata-rata nilai N-Gain diperoleh sebesar
56,95% termasuk kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media animasi powtoon efektif meningkatkan minat dan hasil belajar
peserta didik pada pelajaran matematika.
227305077 | K MTK-22077 LUL e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain