Textbook
Pengembangan Model Course Review Horay (Crh) Berbantuan Kartu Domino Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan efektivitas
pengembangkan model Course Review Horay (CRH) berbantuan kartu domino
untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan
menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Dack and Carry
yaitu model ADDIE. Tahapan model ADDIE yang dilakukan diantaranya tahap
analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Develop), penerapan
(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan beberapa perangkat seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), tes, angket minat belajar, dan angket respon siswa. Hasil validasi produk
yang dibuat dari penilaian beberapa validator adalah 4,67 yang dinyatakan produk
memiliki validitas yang tinggi. Langkah-langkah model pembelajaran Course
Review Horay (CRH) berbantuan kartu domino membuat siswa untuk berperan
aktif, kreatif dan saling bekerja sama dalam pembelajaran sehingga menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat belajar siswa. Hasil
perolehan nilai N-Gain pada minat belajar matematika siswa adalah 0,56 kategori
sedang dengan persentasenya 56,03% dinyatakan cukup efektif, sedangkan
perolehan nilai N-Gain pada hasil belajar matematika siswa adalah 0,60 kategori
sedang dengan persentasenya 59,88% dinyatakan cukup efektif. Hasil uji paired
sample t-test pada minat dan hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai sig
0,000 dan 0,000. Hasil uji-F regresi linier pada minat dan hasil belajar matematika
siswa diperoleh nilai sig 0,000 dan 0,039. Untuk angket respon siswa memiliki nilai
rata-rata persentase 69,81%. Dari hasil data yang telah diperoleh dapat disimpulkan
bahwa pengembangan model Course Review Horay (CRH) berbantuan kartu
domino dapat memenuhi kriteria produk diantaranya nilai kevalidan dan
keefektifan yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa
227305075 | K MTK-22075 KHI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain