Textbook
Desain Didaktis Dengan Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Peluang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan matematika
siswa khususnya pada konsep peluang. Salah satu cara untuk mengembangkan
pembelajaran supaya kemampuan matematika siswa meningkat dan mendapatkan
respon yang tepat yaitu dengan merancang desain didaktis. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui respon siswa serta antisipasi didaktis dengan strategi
scaffolding dan implementasi strategi scaffolding pada saat pembelajaran
berlangsung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan desain didaktis yang dikembangkan melalui tiga tahap yaitu analisis
prospektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Teknik
pengumpulan data berupa tes tulis (tes uraian learning obstacle), wawancara
(siswa dan guru), observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon sebanyak 21 orang. Desain
didaktis dengan strategi scaffolding diimplementasikan dengan hasil yang
menunjukan bahwa terdapat tiga situasi didaktis yang peneliti antisipasi dengan
strategi scaffolding yaitu: 1) pada saat mengidentifikasi cara yang fair dan saat
menentukan peluang empirik, peneliti melakukan antisipasi didaktis dengan
memberikan stimulus berupa narasi dan memberikan contoh soal peluang empirik;
2) pada saat menentukan ruang sampel dan titik sampel kejadian, peneliti
melakukan antisipasi didaktis berupa penjelasan definisi dan contoh soal; 3) pada
saat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan peluang teoritik
antisipasi yang diberikan yaitu dengan mendatangi meja siswa dan melakukan
dialog serta memberikan contoh soal. Respon yang diberikan siswa pada saat
pembelajaran yaitu: 1) siswa merasa percaya diri ketika mengerjakan soal
peluang; 2) siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi peluang; 3)
siswa antusias ketika melakukan diskusi kelompok dan menjawab pertanyaan.
227305074 | K MTK-22074 SHA d | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain