Textbook
Antisipasi Didaktis Menggunakan Pendekatan Zone Of Proximal Development (Zpd) Untuk Mengatasi Learning Obstacle Materi Aritmatika Sosial
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya hambatan belajar yang
dialami siswa saat mempelajari materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi hambatan belajar yang dialami siswa, mengembangkan
desain didaktis dengan pendekatan zone of proximal development yang didasarkan
pada hambatan belajar dan lintasan belajar yang dialami siswa dalam mempelajari
materi aritmatika sosial serta melakukan analisis implementasi desain yang
kemudian dibuat desain didaktis empirik. Sehingga diharapkan desain didaktis yang
dikembangkan dapat mengoptimalkan kemampuan potensial siswa dalam
mempelajari materi aritmatika sosial merupakan materi yang bersifat realistik
dengan kehidupan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah didactical
design research. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahapan pertama,
analisis prospektif berupa identifikasi hambatan belajar siswa terhadap 33 siswa
kelas VIII A SMP Negeri Kertasemaya yang telah mempelajari materi aritmatika,
pembuatan HLT dan ADP; tahapan kedua, analisis metapedadidaktis berupa
implementasi desain didaktis yang telah dikembangkan terhadap 29 siswa kelas VII
F SMP Negeri 1 kertasemaya yang kemudian dilakukan analisis respon siswa; serta
tahapan ketiga, analisis retrospektif berupa tindakan mengaitkan hasil analisis
metepedadidaktis dengan desain didaktis hipotesis yang telah dikembangkan untuk
membuat desain didaktis empiric. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes diagnostik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian
ini desain didaktis yang dikembangkan dapat mengurangi hambatan belajar siswa
meskipun beberapa masih teridentifikasi, pasca implementasi desain hambatan
belajar siswa menunjukan penurunan sebesar 0,51 dalam kategori sedang, hal yang
perlu diperbaiki dalam desain didaktis empirik adalah pengolahan durasi
pembelajaran, desain yang dikembangkan mampu mendorong siswa mencapai
tahap perkembangan aktual serta membantu siswa membangun interaksi sosial
yang baik di lingkungan belajarnya.
227305073 | K MTK-22073 ROI a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain