Textbook
Pengaruh Video Interaktif Berbantuan Geometer’s Sketchpad Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran
Literasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam merumuskan
dan menerapkan matematika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Agar
siswa dapat merumuskan dan menerapkan matematika dalam menyelesaikan
masalah kontekstual siswa harus paham dulu mengenai konsep matematika salah
satunya konsep lingkaran, karena dalam konsep lingkaran ini kebanyakan siswa
masih kesulitan menyelesaikan soal kontekstual. Dalam pemahaman konsep
lingkaran dapat menggunakan berbagai metode dan bantuan aplikasi, salah
satunya menggunakan media pembelajaran berupa video interaktif berbantuan
geometer’s sketchpad. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh
penggunaan video interaktif berbantuan geometer’s sketchpad terhadap
kemampuan literasi matematika siswa (2) mengetahui perbedaan kemampuan
literasi matematika antara pembelajaran menggunakan video dengan pembelajaran
konvensional (3) mengetahui respon siswa terhadap video yang digunakan saat
pembelajaran. Penelitian ini terbatas pada materi yang dimuat yaitu hanya materi
lingkaran kelas VIII SMP/MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan desain yang digunakan
adalah pretest posttest non-equivalent control group dengan subjek siswa kelas
VIII-A dan VIII-B MTs Siti Khadijah Sindangwangi-Majalengka tahun ajaran
2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Data diperoleh
dengan cara memberikan pretest dan posttest untuk mengetahui kemampuan
literasi matematika siswa. Kemudian angket disebarkan kepada kelas VIII-A
untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video interaktif saat
pembelajaran yang selanjutnya data-data tersebut dianalisis dengan uji regresi
linear sederhana untuk mengetahui pengaruh penggunaan video interaktif
terhadap kemampuan literasi matematika dilanjut uji independent t test untuk
mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematika, dan yang terakhir
menghitung persentase hasil angket. Adapun hasilnya adalah : (1) hasil uji regresi
menunjukkan nilai Sig. 0,001 < 0,05 artinya terdapat pengaruh penggunaan video
interaktif berbantuan geometer‟s sketchpad terhadap kemampuan literasi
matematika siswa, (2) hasil uji independent t test menunjukkan nilai Sig. 0,01 <
0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa antara
pembelajaran menggunakan video dengan pembelajaran konvensional, (3) dari
hasil perhitungan persentase angket respon siswa menunjukkan rata-rata
persentase sebesar 76% dengan kriteria baik artinya pembelajaran menggunakan
video interaktif berbantuan geometer’s sketchpad mendapat respon yang baik dari
siswa.
227305072 | K MTK-22072 WID p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain