Textbook
Perbandingan Penerapan Strategi Reactdengan Strategi Pq4r Terhadap Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Matematika
Self-efficacy siswa sangat menentukan keberhasilan siswa dalam
pembelajaran. Hal itu menyebabkan self-efficacy dianggap penting sehingga
banyak orang yang sudah menelitinya. Banyak yang mengaitkan dengan strategi
yang ada, sehingga peneliti tertarik untuk membandingkan strategi manakah yang
lebih baik untuk menumbuhkan self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk : 1).
Mengetahui self-efficacy siswa setelah diterapkannya strategi REACT dalam proses
pembelajaran matematika, 2). Mengetahui self-efficacy siswa setelah diterapkannya
strategi PQ4R dalam proses pembelajaran matematika, 3) Mengetahui apakah
terdapat perbedaan antara self-efficacy siswa pada pembelajaran REACT dan PQ4R,
4). Mengetahui keterlaksanaan strategi REACT dan PQ4R saat diterapkan di kelas,
5). Mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi REACT dan strategi PQ4R
pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berupa Quasi
Experiment dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Sains Salman Tahun Ajaran 2021/2022
sebanyak 50 siswa. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik sampling jenuh yaitu
kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII C
sebagai kelas eksperimen II yang terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis berupa uji-t. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa rata-rata self-efficacy siswa yang diterapkan strategi
REACT sebesar 67% dan rata-rata self-efficacy siswa yang diterapkan strategi
PQ4R sebesar 68%. Kedua hasil ini termasuk kedalam kategori kuat. Pada hasil
observasi keterlaksanaan menunjukkan strategi REACT lebih baik dibandingkan
strategi PQ4R dengan rata-rata strategi REACT adalah 93,7% dan rata-rata strategi
PQ4R adalah 85%. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai test statistic Sig. (2-
tailed) adalah 0,766 > 0,05 artinya tidak ada perbedaan self-efficacy siswa antara
kelas eksperimen I yang diterapkan strategi REACT dan kelas eksperimen II yang
diterapkan strategi PQ4R. Hasil respon siswa terhadap penerapan strategi REACT
sebesar 74,5% dan strategi PQ4R sebesar 69,2% yang keduanya menunjukkan
kategori baik
227305071 | K MTK-22071 QUD p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain