Textbook
Penerapan Tes Diagnostik Pada Materi Kubus Dan Balok Dalam Pembelajaran Matemtika
Salah satu ruang lingkup materi matematika yang terdapat dalam kurikulum untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah geometri. Kubus dan balok termasuk
dalam materi geometri. Geometri merupakan bagian matematika yang berperan
banyak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran matematika pada
bahasan geometri miskonsepsi sering terjadi. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa
tentunya sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dilihat dari kurangnya
pemahaman konsep dan rendahnya hasil belajar siswa, maka tes yang dapat
membantu mengetahui masalah-masalah yang dialami oleh siswa adalah tes
diagnostik. Tes diagnosik sudah banyak yang melakukan pengambangan tetapi
belum banyak guru yang menerapkannya, padahal seharusnya sebagai guru harus
merepakan tes diagnostik untuk perbaikan pembelajaran. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui bagaimana pembelajaran yang dilakukan pada kelas yang
menggunakan hasil tes diagnostik dan kelas yang tanpa menggunakan hasil tes
diagnostik. Serta untuk membandingkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
yang dilakukan pada kelas yang menggunakan hasil tes diagnostik dengan kelas
yang tanpa menggunakan hasil tes diagnostik. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimen dimana penelitian
mengguankan dua kelas yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas ekseprimen
pembelajarannya menggunakan hasil tes diagnostik sedangkan kelas kontrol
pembelajarannya tidak menggunakan hasil tes diagnostik. Penelitian dilakukan di
MTs Bina Cendekia Kabupaten Cirebon. Pada penelitian ini, tes diagnostik
dilakukan pada kelas ekperimen sebanyak 4 kali dan setiap satu kali tes berisikan
satu butir pertanyaan pilihan ganda berserta uraian. Setelah mengetahui hasil tes
diagnostik peneliti memberikan beberapa penanganan terhadap siswa, seperti
pemilihan model pembelajaran yang sesuai. Hasil uji hipotesis menggunakan uji
independent sampel t-test dengan taraf signifikansi 5% menyimpulkan bahwa ada
perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan, antara kelas yang pembelajarannya
menggunakan hasil tes diagnostik lebih efektif dibandingkan kelas yang
pembelajarannya tidak menggunakan hasil tes diagnostik.
227305070 | K MTK-22070 ULF p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain