Textbook
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Pendekatan Conceptual Change Text Dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa
Pada pembelajaran matematika pemahaman konsep merupakan hal
penting yang harus dikuasai oleh siswa. Jika pemahaman konsep siswa tidak
sesuai dengan konsep yang telah disepakati para ahli maka siswa akan mengalami
suatu gejala berupa miskonsepsi. Miskonsepsi jika tidak ditangani lebih lanjut
maka akan berpengaruh pada pemahaman konsep mengenai materi ajar pada
tingkat berikutnya. Miskonsepsi dapat terjadi pada siswa dikarenakan beberapa
faktor, salah satunya yaitu media pembelajaran yang digunakan. Pada
perkembangan zaman saat ini media pembelajaran sudah berkembang menjadi
digital seperti multimedia pembelajaran interaktif, adapun sajian materi
didalamnya haruslah dapat mereduksi miskonsepsi siswa, salah satu pendekatan
penyajian materi yang dapat diterapkan yaitu dengan pendekatan Conceptual
Change Text (CCT), dengan menggunakan pendekan CCT maka pada saat siswa
membaca materi konsep tersebut, siswa dapat mendiagnosis dan mengenali
kesalahan konseptual yang dialami, dan mengubah kesalahan konseptual tersebut
dengan konsep yang ilmiah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hasil analisis,
desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi pengembangan multimedia
pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan CCT dalam mereduksi
miskonsepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development
dengan model pengembangan ADDIE, terdiri dari lima tahapan meliputi
1)Analysis (analisis); 2)Design (desain); 3)Development (pengembangan);
4)Implementation (implemnetasi); dan 5)Evaluation (evaluasi). Teknik
pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket dan tes. Teknik analisis
data yang digunakan analisis statistik, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Hasil penelitian ini adalah memperoleh deskripsi analisis kebutuhan, analisis
kurikulum dan analisis peserta didik, berdasarkan ketiga analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di tempat penelitian telah terbiasa
menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran sehingga sesuai
untuk dapat diterapkan pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran
interaktif, menghasilkan desain produk berupa kerangka multimedia pembelajaran
interaktif menggunakan pendekatan CCT dan disusun berdasarkan storyboard
(desain media) dan flowchart (diagram alir), menghasilkan pengembangan produk
mengacu pada desain yang telah dibuat pada tahap sebelumnya serta
menghasilkan nilai validitas dari ahli materi dan media masing-masing sebesar
0,872 dan 0,877 termasuk kategori valid (tinggi), menghasilkan data kepraktisan
pada saat implementasi sebesar 4,21 (sangat baik) dan menghasilkan evaluasi
berupa keefektifan produk dalam mereduksi miskonsepsi berupa nilai n-gain
sebesar 0,7579 (tinggi). Dengan demikian pengembangan multimedia
pembelajaran interaktif menggunakan pendekatan Conceptual Change Text dapat
mereduksi miskonsepsi siswa
227305065 | K MTK-22065 SYI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain