Textbook
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbantuan Komik Ditinjau Dari Minat Baca Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik yang
valid, praktis, dan efektif terhadap minat baca siswa. Model pengembangan yang
digunakan pada penelitian ini ada model pengembangan Plomp yang memiliki 5
tahapan, yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase
realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (5) fase implementasi. Dalam
penelitian ini, instrument yang digunakan yaitu lembar angket validasi LKPD
komik, lembar angket respon siswa, lembar angket minat baca sebelum dan sesudah
pembelajaran, lembar observasi aktivitas minat baca siswa, dan lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3
Palimanan dengan sampel peserta didik kelas VIII H berjumlah 27 siswa pada
materi lingkaran. Berdasarkan hasil validasi LKPD berbantuan komik dinyatakan
valid, dengan skor rata-rata ahli media sebesar 72 berada pada kategori sangat baik
(x > 63), skor rata-rata ahli materi sebesar 64 berada pada kategori sangat baik (x >
63), dan skor ahli bahasa sebesar 43 berada pada kategori sangat baik (x > 42,39).
Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap LKPD berbantuan komik
memperoleh persentase 77,77%, sehingga masuk dalam kategori baik, yang berarti
LKPD berbantuan komik praktis dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil angket
dan observasi minat baca siswa memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan
minat baca siswa. Dari hasil uji sample paired test berdasarkan angket minat baca
menyimpulkan adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah pembelajaran
menggunakan LKPD berbantuan komik (Ha diterima dan H0 ditolak), dengan nilai
Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Selain itu n-gain dari angket minat baca siswa
sebesar 0,53 berada pada kategori sedang. Sedangkan berdasarkan observasi minat
baca sebelum menggunakan LKPD berbantuan komik memperoleh persentase ratarata 54,50% berada pada kategori cukup, dan setelah menggunakan bahan ajar
LKPD berbantuan komik memperoleh persentase rata-rata 80,95% berada pada
kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik memenuhi
kriteria valid, praktis, dan efektif. Untuk itu disarankan bagi guru memanfaatkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbantuan komik dalam
pembelajaran, dan juga untuk pengembang lain disarankan meperluas objek
pengembangan dan membuat materi lain untuk Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) matematika berbantuan komik.
227305061 | K MTK-22061 PER p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain