Textbook
Pengembangan Modul Matematika Berbasis Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul
matematika berbasis strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite,
Review) yang valid, praktis, dan efektif. penelitian ini menggunakan model
pengembangan Plomp yang terdidi dari 5 fase pengembangan, yaitu (1) fase
investigasi awal, (2) fase perancangan, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi dan
revisi, dan (5) fase implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar angket validasi modul, lembar angker respon peserta didik terhadap
modul, soal pretest-posttest, dan lembar pengamatan keterlaksanaan
pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota
Cirebon dengan sampel peserta didik kelas XI Mia 3 berjumlah 30 peserta didik
dan XI Mia 4 berjumlah 29 peserta didik pada materi polinomial. Berdasarkan
hasil validasi modul matematika berbasis strategi PQ4R didapat bahwa modul
dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor pada ahli materi sebesar 102, ahli
media sebesar 98 dan ahli bahasa sebesar 45. Berdasarkan hasil angket respon
peserta didik terhadap penggunaan modul didapat bahwa modul dinyatakan sangat
praktis dengan perolehan skor rata-rata 88,33. Berdasarkan nilai pretest-posttest
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol modul ini memenehui kriteria efektif
dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Berdasarkan hasil uji mann
withney menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes
kemampuan berpikir matematis pada nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen
dan kelas control karena nilai sig. 0,04
227305058 | K MTK-22058 MUA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain