Textbook
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kartun Materi Statistika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Kurangnya motivasi belajar mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa,
diakibatkan dari sumber belajar yang kurang menarik seperti buku teks dan LKPD
(Lembar Kerja Peserta Didik) yang isinya yang hanya memuat rumus dan materi
dengan desain yang monoton, sehingga banyak siswa yang mengeluh pusing, malas
dan bosan khususnya pada pelajaran matematika, oleh sebab itu perlunya ada
inovasi baru dalam sumber belajar yaitu LKPD berbasis kartun materi statistika
kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis
kartun, mengetahui kelayakan bahan ajar LKPD berbasis kartun dan mengetahui
peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Salafiyah Bode dengan adanya
LKPD berbasis kartun. Subjek uji coba penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII F
sebagai kelas uji coba instrument tes dan angket, 36 siswa kelas VIII G sebagai
kelas eksperimen dan 34 siswa kelas D sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan
desain pengembangan model 4D oleh Triagarajan dan Semmel yaitu 1) Define 2)
Design 3) Develop dan 4) Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan
dokumentasi, angket, observasi, dan tes. Penentuan tingkat kelayakan produk
berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dikatakan layak
apabila memperoleh kriteria minimal valid dan dari respon siswa. Hasil validasi
para ahli terhadap LKPD berbasis kartu materi statistika menunjukan nilai rata-rata
96% dan dari hasil respon siswa diambil dari aspek kemudahan penggunaan, daya
tarik dan efesiensi dengan hasil rata-rata yaitu 91,94% artinya bahwa LKPD
berbasis kartun sangat valid dan dinyatakan layak digunakan. Dari hasil angket
motivasi belajar matematika siswa pada uji pengembangan kelas eksperimen
menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 dengan demikian nilai signifikasi <
0,05 artinya pengembangan LKPD berbasis kartun dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa. Dari hasil nilai N-Gain pada kelas eksperimen dengan rata – rata
0,5239 dengan kriterian indeks N-Gain sedang dan kelas kontrol dengan rata – rata
0,167 dengan kriterian indeks N-Gain maka kita bisa simpulkan bahwa nilai N-Gain
kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang artinya LKPD berbasis
kartun materi statistika lebih baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa
khususnya pada pelajaran matematika dan untuk memperkuat hasil tersebut
dibuktikan perbandingan dengan hasil postest kelas eksperimen yaitu memperoleh
rata – rata hasil 81,83 dan kelas kontrol yaitu memperoleh rata – rata hasil 72, 5
dengan nilai yang kriteria ketuntasan minimal (KKM) di MTs Salafiyah Bode
dinyatakan tuntas apabila nilai ≥ 75, maka kelas eksperimen dinyatakan tutas karena
81,83 ≥ 75 sedangkan kelas kontrol dinyatakan belum tuntas karena 72,5 ≤ 75. Bisa
disimpulkan bahwa LKPD berbasis kartun dapat meningkatkan motivasi belajar
matematika siswa.
227305055 | K MTK-22055 RAN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain