Textbook
Pengembangan Leaflet Dengan Teknik Pembelajaran Random Daily Restating Terhadap Hasil Belajar Siswa
Media pembelajaran leaflet dengan teknik random daily restating
merupakan media pembelajaran dalam bentuk bahan ajar cetak satu lembar, yang
berisikan informasi mengenai materi persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat
dengan desain menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar. Selain itu, di dalam
leaflet ini disisipkan ciri khas dari teknik pembelajaran random daily restating
yaitu berupa soal ujian yang urutan pengerjaanya diacak sesuai dengan nomor
telepon siswa masing-masing. Tujuan pengembangan leaflet ini yaitu untuk
menghasilkan leaflet dengan teknik random daily restating, mengetahui tingkat
kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media. Jenis penelitian ini adalah
penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model
4D Thiagarajan, Semmel, and Semmel. Model pengembangan 4D terdiri atas
Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan
Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 1
dan 2 di SMK Pariwisata Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan dan penelitian ini yaitu angket validasi leaflet,
angket respon siswa, lembar observasi perilaku cheating, lembar observasi
keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Berdasarkan data uji kevalidan
media pembelajaran leaflet dengan teknik pembelajaran random daily restating
memperoleh skor rata-rata dari ketiga ahli (media, bahasa, dan materi) sebesar
86% dengan kategori sangat valid, sedangkan tingkat kepraktisan diukur dengan
angket respon siswa menunjukkan rata-rata 85% dari 27 responden dengan
kategori sangat praktis, adapun hasil dari tingkat keefektifan yang diperoleh dari
hasil t-test independent belajar siswa sebesar sig. (2-tailed) = 0,002 yang artinya
terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen (yang menggunakan
media leaflet) dengan belajar kelas kontrol (yang menggunakan media
konvensional). Hasil n-gain persen menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen
sebesar 77.88% dan pada kelas kontrol sebesar 56.53%. adapun hasi dari soal
penugasan yaitu sebanyak 77% siswa di kelas eksperimen tuntas dalam
mengerjakan soal penugasan, sedangkan pada kelas kontrolhanya sebesar 21%
siswa yang tuntas. Penelitian ini diperkuat dengan lembar observasi perilaku
cheating untuk mengetahui keefektifan teknik pembelajaran random daily
restating dapat mengurangi kebiasaan siswa dalam berbuat cheating, hal ini
dibuktikan dengan adanya penurunan jumlah siswa yang semula ada 9 dari 11
indikator lembar observasi yang menunjukkan frekuensi lebih dari 8 orang siswa
kini menjadi hanya 2 dari 11 indikator indikator lembar observasi yang
menunjukkan frekuensi lebih dari 8 orang siswa. Diperkuat dengan lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan hasil sebesar 85% artinya guru
sudah menerapkan teknik pembelajaran random daily restating dengan baik.
Adapun
227305053 | K MTK-22053 ANI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain