Textbook
Peran public relations pt bhinneka sangkuriang transport dalam mempromosikan program wisata open trip kepada konsumen di masa pandemi civid-19
Perusahaan transportasi yang bergerak pada jasa travel wisata pada musim
pandemi covid-19 mengalami berbagai macam permasalahan yang dihadapi. Peraturan
pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pemberlakuan pembatasan kegiatan
masyarakat (PPKM) serta lockdown (penutupan akses keluar masuk) wilayah sangat
berdampak pada industri pariwisata tanah air, salah satu contohnya yaitu penutupan
sementara beberapa objek wisata. Penutupan objek wisata tersebut mengakibatkan
penurunan aktivitas masyarakat untuk melakukan perjalanan berwisata, hal tersebut
membuat penurunan penghasilan pada pelaku usaha travel wisata maupun pelaku usaha
lainnya. Namun, tidak sedikit perusahaan travel wisata yang masih nekat beroperasi
ditengah situasi yang dihadapi untuk menawarkan jasanya kepada masyarakat. Persaingan
untuk mendapatkan konsumen pada masa pandemi yang dihadapi perusahaan travel
semakin meningkat, dikarenakan banyaknya objek wisata yang terpaksa tutup dan
berkurangnya masyarakat yang melakukann aktivitas diluar rumah apalagi untuk
berwisata.
Latar belakang tersebut maka munculah pernyataan masalah seperti: 1)
Bagaimana peran public relations di PT. Bhinneka Sangkuriang Transport dalam
mempromosikan program promo Open Trip wisata? 2) Bagaimana keberhasilan public
relation PT. Bhinneka Sangkuriang Transport dalam mempromosikan program promo
Open Trip wisata dimasa pandemi?
Tujuan dalam penelitian ini seperti: 1) Mengetahui peran public relation di PT.
Bhinneka Sangkuriang Transport dalam mempromosikan program promo wisata. 2)
Mengetahui keberhasilan public relations PT. Bhinneka Sangkuriang Transport dalam
mempromosikan program wisata dimasa pandemi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Dengan teknik
pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yang digunakan penulis ialah model dari Stake yaitu pengumpulan kategori,
interpretasi langsung, membuat pola atau gambaran dan mengembangkan generalisasi
naturalistik melalui analisis data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Public Relations PT
Bhinneka Sangkuriang Transport yaitu membuat program promo open trip wisata. 2)
Mempromosikan Program Promo Wisata Melalui Media Digital yaitu Media yang
dipakai untuk mempromosikan program promo wisata seperti melalui platform Sosial
media Instagram, WhatsApp, Youtube, Line, Twitter, Facebook dan Website resmi PT
Bhinneka Sangkuriang Transport. 3) Keberhasilan Program Promo Open Trip Wisata
yang diraih oleh Bhinneka Wisata yaitu diantaranya keantusiasan para konsumen setia
Bhinneka untuk mengikuti kegiatan open trip tersebut.
227102032 | K KPI-22032 MOC p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain