Textbook
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon
Berdasarkan observasi awal peneliti di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon,
pada proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode konvensional seperti
penerapan metode ceramah dalam proses belajar mengajar masih mengandalkan guru
sepenuhnya dalam menyampaikan materi dan siswa tidak berperan aktif. Guru pernah
mencoba metode memanfaatkan media visual seperti gambar akan tetapi siswa masih
kurang termotivasi dalam belajar IPS, kurangnya inisiatif siswa untuk mencari bahan
pembelajaran tamabahan selain materi yang disampaikan guru di sekolah. Selain itu siswa
kurang menyimak dan mengingat lebih banyak materi yang disampaikan dan sebagian
siswa tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi, diantaranya siswa
sering bergurau dan mengobrol. Kejadian siswa yang demikian dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa yang kurang maksimal. Atas dasar itulah peneliti menggunakan suatu model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray agar siswa yang harus berperan aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pendekatan model Two Stay Two
Stray pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon. (2)
hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan model Two Stay Two Stray pada
pembelajaran IPS kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon. (3) pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Abu Manshur Kabupaten
Cirebon.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Regresional. Penelitian
Regresional adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh suatu
variabel terhadap variabel lain. Dalam penelitian Regresional variabel yang
mempengaruhi disebut variabel X dan variabel yang dipengaruhinya disebut variabel Y.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan
jumlah 33 siswa yang terdiri 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan SMP Abu
Manshur Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik purvosif
sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, angket, dokeumentasi dan
tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pembelajaran IPS kelas VII memiliki
pengaruh dengan melihat dari besarnya nilai korelasi atau hubungan sebesar 0,600 –
0,799 dengan kategori Kuat bernilai 0,731 dengan persamaan regresi Y= 42.820+ 0,869X
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray mempunyai nilai pValue (pada kolom sig.) 0,000
227304077 | K IPS-22077 NUR p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain