Textbook
Ragam Kaidah Pembacaan Mad ( Studi Kasus Kajian Ilmu Tajwid di Lembaga Pusat Pengembangan Tilawatil Quran PPTQ IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada Masa Pandemi Covid-19 )
Para ulama terdahulu telah merumuskan kaidah berupa
ilmu tajwid dan ilmu qira’at untuk menunjang cara membaca AlQur’an. Kedua ilmu ini terus dikaji oleh umat muslim, karena erat
kaitannya dengan Al-Qur’an dari aspek cara membacanya yang
otentik dan terpelihara. Berangkat dari pada itu dalam penelitian
ini akan dibahas terkait kaidah ilmu tajwid yakni hukum bacaan
Mad secara lugas, berdasarkan teori maupun pemahaman
dilapangan, dalam hal ini yakni di lembaga PPTQ IAIN Syekh
Nurjati Cirebon.
Tujuan diadakannya Penelitian ini ialah untuk mengetahui
beragam cara pembacaan kaidah mad secara teori, lalu analisis
pemahaman serta praktik pengajaran dosen PPTQ mengenai
kaidah mad di Lembaga PPTQ. Selain itu karena jenis penelitian
ini ialah kualitatif gabungan (pustaka dan lapangan), maka teknik
pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul ditelaah
dengan pendekatan analisis data deskriptif. Setelah dianalisis
kemudian data disusun sesuai dengan sistematika pembahasan.
Setelah penulis telaah, hasil penelitian mengungkapkan; 1)
Adanya ragam cara pembacaan dalam kaidah mad, karena para
ulama mengambil jalur periwayatan yang berbeda, akan tetapi
bersambung kepada Rasulullah saw. 2) Para tutor PPTQ berbeda
dalam memahami ragam bacaan panjang dalam kaidah mad. Selain
itu, praktik pengajaran Al-Qur’an pun juga berbeda. Ini
disesuaikan dengan pemahaman tutor yang mengacu kepada guru
Al-Qur’an atau kitab tertentu.
227103005 | K IAT-22005 | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain