Textbook
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Divisions (STAD) Pada Pembelajaran Teks Fabel Kelas VII di SMPIT Bahrul Ulum Kabupaten Bekasi.
Pembelajaran merupakan sebuah proses transfer ilmu seorang guru kepada
peserta didik, sehingga terbentuk kepercayaan diri peserta didik, sikap, dan
penguasaan kemahiran materi pembelajaran. Akan tetapi jika dalam sebuah
pembelajaran terdapat ketidakselarasan antara penggunaan metode pembelajaran
dengan materi pembahasan, akibatnya tercipta suasana kelas yang tidak efektif. Hal
ini mengakibatkan kurangnya fokus siswa selama pembelajaran, siswa tidak dapat
menjawab ketika ditanya oleh guru dan siswa ketika diberi tugas oleh guru tidak ada
tanggung jawab untuk mengerjakannya, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan
tidak sesuai dengan indikator pencapaian. Dari permasalahan tersebut, maka
penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran
kooperatif tipe student teams achievement divisions pada pembelajaran teks fabel
kelas vii di SMPIT Bahrul Ulum Kabupaten Bekasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain
eksperimen kuasi yang menggunakan teknik nonequivalent control group design.
Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat,
model pembelajaran student teams achievement division sebagai variabel bebas dan
pembelajaran teks fabel sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah soal pretest dan posttest dengan instrumen penelitian yang
berbentuk lembar soal pilihan ganda. Soal pilihan ganda akan di uji coba melalui uji
validitas isi dan validitas konstruk dengan menggunakan rumus person product
moment dan uji reliabilitas dengan rumus alfa cronbach. Setelah diketahui validitas
dan reliabilitasnya, selanjutnya dilakukan uji prasyarat melalui uji normalitas dan
homogenitas, dan tahap akhir adalah dilakukannya uji hipotesis sebagai keputusan
efektif atau tidak model pembelajaran tersebut.
Dari hasil penelitian dan penghitungan data bahwasannya model
pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions efektif digunakan
pada pembelajaran teks fabel di kelas vii. Dari penelitian ini dapat digaris bahawahi
bahwa metode pembelajaran memiliki pengaruh terhadap indikator pembelajaran,
sehingga sangat diharapkan pemikiran guru yang kreatif dan inovatif. Tetapi dalam
menerapkan model pembelajaran STAD guru harus bisa membimbing dan
mengawasi seluruh kelompok secara adil.
227309037 | K B.INDO-22037 WAR k | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain