Textbook
Pengembangan Tes Essay Berbasis Sosial kultural Kacirebonan dalam meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh produk instrumen
tes essay berbasis sosial kultural yang baik untuk mengukur kemampuan berpikir
kritis siswa tingkat SMP sederajat. Produk instrumen tes essay berbasis sosial
kultural ini diujicobakan di SMPN 2 Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Langkahlangkah pengembangan produknya menggunakan desain pengembangan menurut
Sugiyono, yang terdiri dari delapan langkah, yaitu masalah, pengumpulan data,
desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk dan
ujicoba pemakaian. Dari hasil uji coba produk diperoleh reliabilitas untuk aspek
tampilan sebesar 0,674, aspek penyajian materi sebesar 0,748, dan aspek manfaat
sebesar 0,779. Dari hasil tiap aspek tersebut semuanya masuk dalam kategori
berarti sangat reliabel. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang
dihasilkan sudah cukup baik. Kemudian dari hasil ujicoba produk, diperoleh nilai
rata-rata N-gain sebesar 0.58 yang masuk dalam kategori sedang. Kemudian dari
pengujian hipotesis tentang efektivitas diperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05,
yang berarti Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan instrumen tes
essay berbais sosial kultural efektif dalam mengukur kemampuan berpikir kritis
siswa.
227305049 | K MTK-22049 RIN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain