Textbook
Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Anak Garuda dan Relevansinya Dengan Q.S. Yunus Ayat 40-41
Dalam menumbuh kembangkan karakter anak bangsa, dengan cara
menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam diri peserta didik. Nilai-nilai
pendidikan karakter dapat diperoleh dan dikembangkan oleh pendidik melalui media
film serta pesan-pesan yang terkandung dalam sebuah film. Hal ini diharapkan dapat
membangun karakter peserta didik dalam membentuk dan memperbaiki perangai
yang baik.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai
pendidikan karakter apasaja yang terdapat dalam film anak garuda serta relevansinya
dengan Q.S. Yunus ayat 40-41. Sehingga perlu dilakukan analisis guna memastikan
bahwa film anak garuda ini memiliki relevansi dalam Q.S. Yunus ayat 40-41 dalam
nilai-nilai pendidikan karakter dengan tujuan dapat menjadi sarana pembelajaran dan
guna membangun karakter anak bangsa.
Dalam kerangka pemikiran yang dilakukan dalam penelitian ini melalui
beberapa tafsir dalam penelitian ini, dalam film anak garuda juga dari relevansi dalam
Q.S. Yunus ayat 40-41 terdapat nilai pendidikan karakter berupa rukun, dan nilai
pendidikan karakter toleransi.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif, dan termasuk dalam
jenis penelitian dokumen. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini
menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian kegiatan analisis dilakukan dengan
meneliti isi dari film, yang dilakukan dengan pengamatan terhadap film Anak
Garuda. Kemudian menganalisis data melalui adegan-adegan, isi dialog, seting dan
karakter yang tepat dalam film tersebut berdasarkan nilai-nilai pedidikan karakter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, dalam film anak garuda
terdapat nilai karakter religius, gotong royong, kerja keras, rukun, toleransi, berjiwa
kepemimpinan, kepedulian, tanggung jawab, kreatif. Kedua, terdapat relevansi antara
nilai pendidikan karakter dalam film anak garuda dengan Q.S. Yunus ayat 40-41
berupa nilai religius, toleransi, tanggung jawab, dan rukun
227301038 | K PAI-22038 AYU a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain