Textbook
Analisis Interaksi Verbal Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Online Di SMA Negeri 1 Losarang
Interaksi Verbal adalah dapat diartikan sebagai proses komunikasi secara timbal
balik yang terjadi anatara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi yang
dilakukan secara lisan dengan tujuan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah
menganalisis interaksi verbal siswa dalam pembelajaran online pada materi sistem
reproduksi manusia berdasarkan VICS. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pemetaan interaksi verbal menurut Sistem Interaksi
Kategori Verbal (VICS) pertemuan pertama pemunculan frekuensi yang lebih
dominan adalah daerah P dan daerah K dengan masing-masing memiliki frekuensi
40%. Sedangkan pada pertemuan kedua pemunculan frekuensi yang lebih
dominan adalah daerah P sebesar 58,33%. Daerah P adalah daerah yang
menggambarkan siswa mengambil inisiatif untuk mengajukan pendapat atau
bertanya kepada guru. Daerah K adalah daerah yang menggambarkan siswa
memberi jawaban-jawaban respons terhadap pertanyaan-pertanyaan atau
informasi guru. Upaya optimalisasi dalam pembelajaran online yaitu guru
membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merujuk pada silabus
sekolah. Guru memberikan stimulus dan mengarahkan siswa untuk bertanya dan
berpendapat pada saat pembelajaran. Guru memberikan tugas merangkum materi
dan dikumpulkan di E-Learning atau website sekolah. Ketepatan konsep pada
materi sistem reproduksi dalam interaksi guru dengan siswa pertemuan pertama
sebesar 46,7% untuk kategori Ya yang berarti sesuai dengan buku acuan.
Sedangkan untuk kategori Tidak sebesar 26,7% yang berarti tidak sesuai dengan
buku acuan. Dalam menganalisis ketepatan konsep berdasarkan VICS didapatkan
dari transkrip video yang sudah diperhalus sebelum di kodekan
227306007 | K BIO-22007 TAR a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain