Textbook
Analisis Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 ditinjau dari tingkat Ketepatan Konsep dan Tingkat Akomodasi Pendekatan Saintifik pada Konsep Sistem Reproduksi
Upaya untuk meningkatkan pendidikan tidak terlepas dari bagaimana kualitas
pengajar, sarana dan prasarana yang mendukung, bahkan dari sumber belajar yang
digunakan dari suatu lembaga pendidikan, salah satunya yaitu buku teks. Buku teks
sangat penting sebagai sember ilmu pengetahuan, memberi petunjuk kegiatan, memberi
motivasi, memberi pertanyaan-pertanyaan, menghubungkan materi pembelajaran dengan
pengalaman kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketepatan konsep dan tingkat
akomodasi pendekatan saintifik pada materi sistem reproduksi dengan menggunakan tiga
sampel buku teks yang digunakan di sekolah SMA/MA di Kota dan Kabupaten Cirebon.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan
data dengan cara observasi secara mendalam terhadap buku teks.Analisis yang dilakukan
meliputi ketepatan konsep dan analisis terhadap tingkat akomodasi pendekatan saintifik
yang termuat dalam buku yang meliputi aspek mengamati, aspek menanya, aspek menalar,
aspek mencoba dan aspek mengmunikasikan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa tingkat ketepatan konsep
dari ketiga buku sampel memiliki persentase konsep memadai paling tinggi yaitu buku
teks terbitan Erlangga pada materi sistem reproduksi manusia memiliki konsep memadai
lebih banyak dibandingkan dengan konsep kurang atribut kritis dan konsep tidak ada
dalam buku. Tingkat akomodasi pendekatan saintifik pada buku teks terbitan Erlangga ini
memiliki materi dan fitur-fitur yang mendominasi adalah mengamati (Observing),
sedangkan aspek yang paling sedikit yang terdapat dalam buku teks adalah aspek mencoba
(Eksperimenting). Dalam aspek yang disuguhkan pada buku teks terbitan Erlangga
terdapat seluruh aspek saintifik dan hal ini cukup baik dalam tingkat akomondasi
pendekatan saintifiknya.Pada buku teks terbitan Grafindo terdapat tiga aspek pendekatan
saintifik dari kelima aspek pendekatan saintifik yang ada, diantaranaya yaitu aspek
mengamati (Observing), aspek menanya (Questioning), dan aspek menalar (Associeting).
Tingkat akomodasi pendekatan saintifik pada buku teks terbitan Yudhistira termuat
selurus aspek pendekatan saintifik, adapun yang paling dominan yaitu aspek mengamati
(Observing)dan yang paling minim yaitu pada aspek menanya (Questioning) dan aspek
mencoba (Eksperimenting).
227306031 | K BIO-22031 MAR a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain