Textbook
Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Congklak
Congklak merupakan permainan tradisional yang mempunyai sejarah
lama dan mengandung filosofi-filosofi dalam perkembangannya. Permainan
tradisional congklak apabila dieksplorasi ternyata ada kaitannya dengan
matematika. Dalam hal ini, matematika dapat dilihat dari perspektif budaya yang
disebut etnomatematika. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi permainan
tradisional congklak dari sisi etnomatematika sehingga dapat mengetahui nilai
budaya permainan tradisional congklak serta kaitannya dengan matematika. Tujuan
lainnya yaitu, untuk mendeskripsikan unsur-unsur matematika yang terdapat pada
congklak dan untuk mengetahui peran congklak dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
etnografi yang didukung dengan metode penelitian kepustakaan. Teknik
pengumpulan data yang peneliti lakukan menggunakan cara wawancara, observasi,
dokumentasi, dan studi literatur. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri
dengan menggunakan alat bantu recorder, kamera, dan alat tulis. Hasil eksplorasi
etnomatematika pada permaian tradisional congklak dilihat dari unsur
matematikanya yaitu terdapat aritmetika, geometri, graf, dan peluang. Unsur
budaya pada permainan tradisional congklak yang peneliti dapatkan dari hasil
penelitian yaitu kejujuran (sportif), ketelitian, kesabaran, dan saling berbagi.
Permainan tradisional congklak dalam pembelajaran matematika berperan sebagai
media pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil penelitian ini ialah sebagai
informasi bagi guru untuk menjadikan permainan tradisional congklak menjadi
media pembelajaran matematika baik dengan permainan tradisional congklak yang
konvensional maupun secara digital. Etnomatematika pada congklak dalam
pembelajaran matematika dapat menumbuhkan karakter bangsa dan melestarikan
budaya, karena selain belajar matematika juga belajar budaya. Selain itu, hasil
pemahaman etnomatematika yang terdapat pada congklak dapat dimanfaatkan oleh
masyarakat maupun siswa untuk membuat mereka dapat memenangkan permainan.
Hal tersebut dilakukan dengan cara menerapkan ilmu matematika yang telah
diketahui, kemudian menjadikannya strategi dalam memenangkan permainan
tersebut
227305045 | K-MTK-22045 NUR e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain