Textbook
Pengaruh Metode BermainPera ( Role Playing ) terhadap Hasil belajar Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Brebes
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh Metode rolle
Playing terhadap Hasil Belajar Siswa,Dilatar belakangi seiring Salah satu masalah
yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia adalah masih rendahnya kualitas
pendidikan. Hal tersebut disebabkan oleh lemahnya proses pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran, siswa kurang di dorong untuk mengembangkan
kemampuan berpikir.
Proses pembelajaran diarahkan kepada kemampuan siswa untuk
menghafal informasi. Siswa dipaksa mengingat dan menimbun berbagai informasi
tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk
menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran di kelas
adalah salah satu tahap yang sangat menentukan keberhasilan belajar siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV MI Nurul Huda.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh, sehingga
diperoleh jumlah sampel sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan Observasi Dan Tes . Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis instrumen Uji Validitas Uji Reliabilitas uji normalitas uji linieritas dan
regresi linier sederhana uji t dan uji f
Dari hasil uji regresi menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap
penerapan metode bermain peran (Role playing) terhadap hasil belajar siswa kelas
IV MI Nurul Huda Brebes. Terlihat dari hasil pengujian variable Metode bermain
peran (Role playing) memiliki nilai p-Value (pada kolom sig.) 0,000. Dan 0,000
< Level of significant 0,05, dan ttabel (1,72) ≤ thitung (5,795) artinya signifikan.
Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Adanya pengaruh
metode bermain peran (Role playing) terhadap hasil belajar siswa. Dengan
demikian penerapan metode role playing menjadikan siswa lebih aktif,
inovatif,kreatif, dan efektif, juga efisien. Terbukti dari hasil yang baik dari ke
sepuluh aspek yang diteliti. Metode role playing dapat menumbuhkan semangat
belajar siswa dan perhatian yang lebih serius terhadap mata pelajaran.
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role
playing dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas MI Nurul Huda Brebes.
227307030 | K PGMI-22030 SUN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain