Textbook
Pengaruh Media Lagu terhadap Vocabulary Skills Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon”. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FITK. IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 2022
mpuan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Inggris. Terlebih dalam
pembelajarannya selama tiga semester sebelumnya, mata pelajaran bahasa Inggris
dilakukan secara daring karena imbas dari pandemi. Selama pembelajaran daring,
siswa hanya diberikan tugas latihan soal. Hal ini menyebabkan rendahnya
perbendaharaan vocabulary bahasa Inggris siswa.
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk menyalurkan pesan pengirim kepada penerima, sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik untuk belajar (Tafonao,
2018).Lagu termasuk kedalam media audio karena lagu sangat berkaitan erat
dengan indera pendengaran. Dengan mendengar, peserta didik akan dengan
sendirinya menirukan kata-kata dalam lirik lagu dan hal tersebut terjadi berulangulang sehingga mereka memahami lagu tersebut.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan dan respons siswa
terhadap media lagu dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV MI
Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon, (2) vocabulary skills bahasa Inggris siswa kelas
IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon dan (3) pengaruh media lagu terhadap
vocabulary skill bahasa Inggris siswa kelas IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota
Cirebon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental dengan One Group
Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IV MI Salafiyatul Huda 1 Kota Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Data penelitian
diperoleh melalui observasi, angket dan soal tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media lagu meperoleh
nilai prosentase sebesar 89% dengan predikat sangat baik. Adapun hasil
prosentase angket yakni sebesar 79%. Hal ini menunjukkan bahwa media lagu
mendapatkan respon yang baik dari siswa, baik dari segi minat siswa, motivasi
belajar siswa dan motorik siswa.Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua
pihak pada signifikansi = 0,05 diperoleh nilai thitung = 8,884, nilai ttabel = 2,093
dan Sig. (0,000)
227307029 | K PGMI-22029 YUN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain