Textbook
Pengaruh Pendidikan dalam Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V di MI Abnaul Wathon Kabupaten Cirebon
Faktor–faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dalam keluarga yaitu cara
orang tua mendidik, masih banyak orang tua yang tidak peduli terhadap
perkembangan pendidikan anak namun menginginkan hasil yang lebih dari anak,
pengertian dan perhatian orang tua yang kurang serta suasana rumah dan keadaan
ekonomi yang kurang memungkinkan. Dalam pendidikan keluarga perhatian dan
kasih sayang yang diberikan oleh orang tua pasti berbeda-beda antar keluarga yang
satu dan keluarga lainnya.
Pendidikan dalam keluarga adalah proses pembentukan mental dan tingkah
laku seorang anak manusia secara berkesinambungan dalam unit terkecil di dalam
masyarakat. Sejatinya, pendidikan dimulai dari dalam keluarga karena tidak ada
orang yang tidak dilahirkan dalam keluarga. Fungsi Pendidikan keluarga di
antaranya yaitu: sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak, menjamin
kehidupan emosional anak, menanamkan dasar Pendidikan moral, memberikan
dasar Pendidikan sosial.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat serta mengukur seberapa
berpengaruhkan pendidikan dalam keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada
kelas V di MI Abnaul Wathon Kabupaten Cirebon.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan segala
perhitungannya adalah angka. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sampel
dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas V MI Abnaul Wathon beserta wali murid
(orang tua).
Berdasarkan hasil uji normalitas sebesar 0,873 hal ini dapat diartikan bahwa
data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan uji koefisien korelasi dari variabel X
sebesar 0,670 < 0,05 yang artinya tidak berhubungan. Hasil penelitian koefisien
determinasi pada penelitian ini menunjukkan kontribusi pengaruh variabel bebas
(X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 68,2% sedangkan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lainnya
227307028 | K PGMI-22028 MAF p | Perpustakaan Pusat (227307028) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain