Textbook
Pengaruh Minat Membaca Terhadap Kemampuan Menulis Pada Siswa Kelas 1 MI Salafiyatul Huda
Latar belakang masalah dalam penelitian ini menemukan bahwa sebagian
besar siswa kelas 1 memiliki minat baca yang sangat rendah. Minat baca yang
sangat rendah ini biasa ditandai dengan kurangnya motivasi dari orang tua dan diri
sendiri untuk semangat membaca, sikap pemalas yang tinggi yang dipengaruhi
oleh perkembangan teknologi, misalnya gadged, Pengaruh social media ,
banyaknya hiburan (TV dan youtube), pengaruh pergaulan di rumah yang kurang
positif, kurangnya sikap keseriusan membaca, kurangnya tingkat kefokusan
membaca, kurangnya perhatian pada saat membaca.
Kemampuan menulis merupakan kemampuan seseorang yang menghasilkan
sebuah tulisan yang diperoleh dari hasil belajar, kegiatan membaca, dan latihan
terus menurus. Dengan kemampuan menulis, seseorang bisa menyampaikan ilmu
pengetahuan dan informasi kepada orang lain melalui media tulis, serta bisa
mengembangkan kreativitas berupa karya tulis ilmiah, buku pengetahuan, buku
cerita, majalah, novel dan karya lainnya. Dan kemampuan menulis juga bisa
mengetahui bagaimana cara menyelesaikan masalah.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memperoleh data perihal minat baca
siswa kelas 1 di MI Salafiyatul Huda 1, (2) Untuk memperoleh data perihal
kemampuan menulis kalimat pada siswa kelas 1 di MI Salafiyatul Huda 1, (3)
Untuk memperoleh data perihal seberapa besar pengaruh minat baca terhadap
kemampuan menulis kalimat siswa kelas 1 di MI Salafiyatul Huda 1.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. populasi penelitian ini
sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 12 siswa lakilaki. Pengambil sampel menggunakan sampel jenuh. Variabel yang dikaji adalah
minat membaca dan kmampuan menulis kalimat. Desaian penelitian ini
menggunakan ex-post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes
tertulis angket digunakan untuk mengetahui minat baca siswa, sedangkan tes
tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis kalimat pada siswa
kelas 1 MI Salafiyatul Huda 1. Uji valitas menggunakan rumus pearson
correlation, sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa, (1)
minat baca siswa berkategorikan kurang, yaitu sebesar 38%, (2) kemampuan
menulis kalimat siswa berkategorikan kurang, yaitu sebesar 59,4, dan (3) ada
pengaruh yang signifikan antara minat membaca dan kemampuan menulis kalimat
pada siswa kelas 1 MI Salafiyatul Huda 1 Jl. Buyut No 49 Pegambiran Kecamatan
Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung> t tabel
(2,255>0,361). Dengan demikian, dapat diartikan bahwa semakin rendah minat
membaca, maka akan semakin rendah juga kemampuan menulis kalimat pada
siswa, dan sebaliknya.
227307026 | K PGMI-22026 AYU p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain