Textbook
plementasi Intellegence Kinesthetic Dalam Mengembangkan Potensi Diri Siswa Kelas 5 Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon
Dalam penelitian ini dilatarbelakangi pada konsep kecerdasan kinestetik
ini peneliti menitikberatkan pada ranah psikomotorik yang menjelaskan mengenai
kemampuan untuk mengkoordinasikan bagian tubuh dengan otak. Siswa yang
memiliki kecerdasan kinestetik ini akan memberikan lebih banyak kesempatan
pada anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman seusianya. Apabila siswa
selalu dilatih dalam kreativitasnya maka akan menghasilkan suatu potensi. Dalam
mengembangkan potensi ini peneliti melihat dari potensi jasmani dan rohani
melalui kegiatan intrakurikuler dan ektrakurikuler.
Potensi diri ialah kemampuan yang dimiliki oleh seorang yang masih
terpendam serta memiliki mungkin untuk bisa dikembangkan bila didukung
dengan peran dan lingkungan, latihan dan fasilitas yang mencukupi. Hal ini maka
tugas dari seorang guru lah untuk membantu mencari serta mengembangkan
potensi yang dimiliki setiap siswa. Karena sesungguhnya tidak ada anak yang
bodoh akan tetapi anak yang tidak mau berusaha untuk menemukan potensi yang
siswa miliki.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1). mengetahui intellegence kinesthetic
siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon, (2) mengetahui potensi siswa
kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dan (3). Untuk mengetahui hambatan
yang di hadapi siswa dalam mengembangkan potensi diri siswa kelas 5 di MI
Madinatunnajah Kota Cirebon.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan desain deskriptif. Dalam pengumpulan data teknik yang
digunakan oleh peneliti yaitu wawancara angket dan dokumentasi. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Madinatunnajah Kota Cirebon dengan
jumlah siswa 21.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi intellegence
kinesthetic yang diterapkan oleh guru sudah diterapkan dengan baik. Kemampuan
psikomotor anak baik. Dalam penerapan intellegence kinesthetic guru telah
melakukan pembalajaran untuk melatih psikomotor anak yaitu salah satunya
dengan membimbing siswa dalam membuat kreativitas keterampilan tangan
menggunakan barang-barang bekas seperti membuat kotak tisu, vas bunga,
kemoceng, tas dan lain sebagainya. Kemudian hasil penelitian mengenai potensi
diri siswa kelas 5 di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dalam menyebarkan angket
potensi diri bahwa siswa cenderung cukup memiliki potensi yang ada di dalam
diri siswa kelas 5
227307025 | K PGMI-22025 PUT m | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain