Textbook
Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Media video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa di Kelas 5D MI An-Nidhomiyah Kab. Cirebon Tahun 2021/2022
Penelitian ini didasari oleh permasalahan yang ada siswa kelas 5D yang
belum berhasil dalam proses pembelajaran daring tematik disekolah. Hasil
belajar siswa rendah terbukti dari perolehan nilai siswa pada saat penilaian
ulangan harian pada materi Tema 4 (Sehat itu Penting) Subtema 3 (Cara
Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia) Pembelajaran 1
muatan IPA dan Bahasa Indonsia.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pembelajaran
daring pada mata pelajaran tematik kelas 5D di MI An-Nidhomiyah 2)
mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran tematik kelas 5D di MI AnNidhomiyah pada pembelajaran daring melalui media video animasi 3)
mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring melalui media video animasi
terhadap hasil belajar tematik kelas 5D di MI An-Nidhomiyah.
Hasil belajar menjadi salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran
dikelas tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar itu sendiri,
faktor tersebut digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. Pembelajaran daring melalui media video animasi termasuk faktor
eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode penelitian experimental Research dengan desain penelitian the
one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan dat menggunakan
observasi, angket, dan tes. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena
mengambil seluruh jumlah siswa kelas 5D MI An-Nidhomiyah yang berjumlah
31 siswa. data penelitian ini di olah menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil angket pembelajaran daring melalui media video animasi yaitu 81%
memiliki hasil kuat. Dari skor maksimal hasil belajar siswa diperoleh rata-rata
sebesar 81,6 menunjukan bahwa hasil belajar siswa baik. Terdapat pengaruh
yang signifikan antara pembelajaran daring melalui media video animasi
terhadap hasil belajar tematik sebesar 85,9%, dengan nilai sig 0.000 <
probabilitas 0,05. Kemudian diketahui t hitung < t tabel yakni sebesar -12,308 <
2,042. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya ada
pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring melalui media video
animasi dengan hasil belajar tematik siswa
227307024 | K PGMI-22024 ANI e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain