Textbook
Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III MI Fathul Ulum Tahun 2020
Peneliti ini di angkat dari fenomena Covid-19 merupakan penyakit
menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut corona virus 2 (serever
acute resipiratory syndrome coronavirus 2 atau SARSCoV -2). Virus ini
merupakan keluarga Coronavirus yang menyerang hewan. Ketika menyerang
manusia, Coronavirus biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran
pernapasan, seperti flu, MERS (Middle East Respiratory Syndrome), dan SARS
(Serever Acute Resipiratory Syndrome). COVID-19 sendiri merupakan
coronavirus jenis baru yang ditemukan di Wuhan, Hubei, China pada tahun 2019.
Peneliti ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bimbingan orang tua dan
guru dalam proses pembelajaran daring siswa kelas III MI Fathul Ulum. (2) Untuk
mengetahui hasil belajar siswa kelas III MI Fathul Ulum dalam proses
pembelajaran daring. (3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua dan
guru dalam proses pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas III MI
Fathul Ulum.
Pembelajaran daring ialah suatu proses yang dilakukan melalui sinyal atau
jaringan yang dilakukan oleh guru dan siswa dengan cara tidak bertemu disatu
tempat serta memakai beberapa media, misalnya WhatsApp, Classroom, Google,
dan Email. Adapun hasil belajar yakni akibat dari yang telah telah dilakukan
selama kegiatan belajarmengajar sehingga terjadinya perubahan, baik itu secara
kognitif maupun psikomoter.
Adapun pendekatan yang dipakai dalam peneliti ini yaitu kuatitatif Ex-post
Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan
studi dokumentasi. Populasi dalam peneliti ini adalah seluruh peserta didik kelas 3
MI Fathul Ulum yang berjumlah 21 siswa.
Hasil peneliti ini menunjukkan bahwa : (1) Para orang tua dan guru
menunjukkan bahwa perannya sangat penting yang dilakukan oleh orang tua dan
guru dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat diketahui dari hasil peneliti
yang menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua dan guru berupaya
meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran daring. (2) Nilai tertinggi untuk
pelajaran aqidah 94 dan terendah 71, pelajaran fiqih nilai tertinggi 96 dan terendah
73, untuk pelajaran ski nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 71, untuk pelajaran
bahasa arab nilai tertinggi 80 dan nilai terendahnya 71 dan untuk pelajaran Alquran Hadits nilai tertinggi 97 dan untuk nilai terendahnya adalah 71. (3)
Kenaikan nilai yang cukup lumayan dalam pembelajaran daring dibandingkan
pembelajarab tatap muka berlangsung
227307023 | K PGMI-22023 NUR p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain