Textbook
Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V di MI Madinatunnajah Kota Cirebon
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa
dalam pembelajaran IPS, Dalam proses belajar mengajar siswa hanya
mendengarkan penjelasan dari guru, mencatat materi, membaca materi di buku
pelajaran atau di papan tulis. Sehingga pada proses pembelajaran siswa merasa
jenuh dan bosan diperlukan metode pembelajaran yang memudahkan siswa dalam
memahami dan mengingat materi, metode yang menarik, efektif dan
menyenangkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan
Metode Pembelajaran Mind Mapping.
Metode Mind Map memungkinkan peserta didik untuk membuat catatan
tidak hanya dengan tulisan, melainkan dapat menggunakan gambar, warna,
simbol, garis yang dapat meningkatkan kreativitas dan catatan yang dibuat siswa
akan lebih menarik dan lebih singkat untuk dipelajari.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (1) mengetahui penerapan metode
pembelajaran Mind Mapping di kelas V MI Madinatunnajah Kota Cirebon (2)
Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V dengan
menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping di MI Madinatunnajah Kota
Cirebon (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping
dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Madinatunnajah Kota Cirebon.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan metode eksperimen, desain dalam penelitian ini yaitu PreExperimental Design dengan jenis One Group Pretest Posttest. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sampel yang
digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas V
MI Madinatunnajah Kota Cirebon yang berjumlah 21 siswa. Data yang diperoleh
diolah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, serta uji
N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan
hasil rata-rata posttest sebesar 77,61 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest sebesar
44,76. Adapun penerapan metode mind mapping dilihat dari observasi guru,
menunjukan bahwa 100% guru menerapkan langkah-langkah metode
pembelajaran mind mapping dan observasi siswa menunjukkan nilai sebesar 92%
siswa aktif dalam pembelajaran. Kemudian untuk hasil uji t yaitu Ho ditolak dan
Ha diterima. Sehingga ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di MI Madinatunnajah Kota Cirebon.
pada uji N-Gain peningkatan rata-rata indeks dari pretes ke posttest sebesar 0,6
dengan kategori sedang, yang berarti bahwa peningkatan hasil tes dengan
menggunakan metode pembelajaran mind mapping tergolong sedang atau baik
227307022 | K PGMI-22022 FER p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain