Textbook
Pengaruh Metode Role Playing Pada Pembelajaran Qur’an Hadist Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas 4 Di MI Madinatunnajah Kota Cirebon
Kurangnya inovasi atau metode pembelajaran selama pembelajaran
berlangsung. Sehingga kurang bermakna bagi perkembangan pribadi dan watak
peserta didik, yang berakibat pada lemahnya daya tangkap peserta didik dalam
memahami pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role
playing pada pembelajaran Qur'an Hadist terhadap sikap tanggung jawab siswa
dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas IV di MI Madinatunnajah Kota Cirebon.
Menurut (Asih Widi Wisudawati, 2014) Metode Role Playing adalah cara
yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menghubungkan realitas
dalam bentuk peran gaming. Sedangkan pembelajaran Qur‟an Hadist adalah
menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al-Quran hadits dengan
benar, hafalan terhadap surat – surat pendek dalam Al-Quran.
Penelitian metode role playing menggunakan metode observasi dan sikap
tanggung jawab siswa menggunakan metode angket. Data dianalisis menggunakan
Uji Regresi Linear Sederhana berbantuan SPSS 21 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pelaksanaan metode role playing
berjalan dengan baik hal ini dibuktikan dengan presentase sebesar 75% dengan
mean 50,5 dan tergolong tinggi. (2) sikap tanggung jawab siswa tergolong pada
kategori sedang yaitu sebesar 70% siswa berada di kategori sedang. (3) terdapat
pengaruh antara metode role playing dengan sikap tanggung jawab siswa dimana
nilai thitung > ttabel dan nilai Signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha
diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa metode role playing pada siswa
kelas 4 di MI Madinatunnajah memiliki pengaruh positif terhadap sikap tanggung
jawab.
227307021 | K PGMI-22021 ANI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain