Textbook
Implementasi Nilai-Nilai Dasadarma Pramuka dalam Pembinaan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon
Pentingnya pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab didasarkan pada
kenyataan bahwa masih terdapat siswa yang menunjukkan perilaku tidak disiplin dan
bertanggung jawab di sekolah, contohnya seperti terlambat datang ke sekolah, tidak
taat pada peraturan dan tata tertib sekolah, tidak mengumpulkan tugas, dan
sebagainya. Salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan kedisiplinan dan rasa
tanggung jawab siswa adalah kegiatan pramuka melalui implementasi nilai-nilai
dasadarma. Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing serta diarahkan untuk senantiasa
disiplin dan tanggung jawab atas semua kegiatan dan tindakan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi nilai-nilai
dasadarma pramuka dalam pembinaan karakter disiplin dan kemandirian siswa di MI
Madinatunnajah Kota Cirebon, (2) Mengetahui pembinaan karakter disiplin dan
tanggung jawab siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon, (3) Mengetahui faktor
pendukung dan penghambat pada penerapan nilai-nilai dasadarma pramuka dalam
pembinaan karakter disiplin dan kemandirian siswa di MI Madinatunnajah Kota
Cirebon.
Dasadarma pramuka merupakan sepuluh ketentuan moral yang harus dimiliki
dan diterapkan sebagai pedoman hidup terhadap masing-masing anggota pramuka
dalam kehidupan sehari-hari. Disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan
perilaku tertib dan patuh terhadap peraturan dan ketentuan. Sedangkan tanggung
jawab merupakan sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan
kewajiban yang seharusnya ia lakukan.
Penelitian ini dilakukan di MI Madinatunnajah Kota Cirebon dengan
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi nilai-nilai dasadarma
pramuka dalam pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di MI
Maadinatunnajah Kota Cirebon sudah di implementasikan dengan baik melalui
pembiasaan dan juga arahan. Pembina pramuka memberikan contoh kepada siswa
mengenai kedisiplinan dan tanggung jawab seperti datang tepat waktu, memakai
seragam pramuka ketika kegiatan pramuka. Siswa akan dikenakan hukuman jika ada
yang melanggar (2) Pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa telah
diupayakan oleh guru yakni dengan menerapkan kegiatan baris berbaris sebelum
kegiatan pembelajaran serta guru membuat kesepakatan tata tertib di kelas pada saat
pembelajaran. Dalam hal ini, guru juga memberikan hukuman kepada siswa yang
melanggar memberikan reward sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang sudah
baik dalam kedisiplinan dan tanggung jawabnya, (3) Faktor pendukung: adanya
dukungan serta kontrol secara langsung dari kepala sekolah, adanya peran aktif dari
pembina pramuka. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, adanya pandemi covid19, kesadaran siswa, faktor lingkungan pertemanan siswa.
227307020 | K PGMI-22020 SAL i | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain