Textbook
Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III Min 8 Cirebon
Tujuan dari manajemen kelas adalah untuk menciptakan kondisi belajar
siswa yang kondusif. Sedangkan kondisi belajar yang kondusif merupakan
persyaratan yang paling penting dalam menjalankan proses belajar mengajar,
sehingga lancarnya proses pembelajaran maka akan berpengaruh terhadap hasil
belajar yang lebih optimal. berdasarkan observasi yang telah dilakukan di MIN
8 Cirebon, hasil belajar siswa kelas III sebelum pergantian guru kelas
menunjukkan hasil yang baik namun masih banyak siswa yang menunjukkan
hasil belajar kurang dan perlu adanya bimbingan lebih, masih ada siswa yang
belum lancar membaca, dan masih ada siswa yang perlu dibimbing oleh orang
tuanya ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini menunjukkan bahwa
kondisi belajar siswa tidak dikelola dengan baik. Sehingga peneliti mempunyai
suatu ide untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat dampak dari
manajemen kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui
implementasi manajemen kelas di kelas III MIN 8 Cirebon. 2) Untuk mengetahui
hasil implementasi dari manajemen kelas terhadap peningkatan hasil belajar
siswa di kelas III MIN 8 Cirebon. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor yang
mempengaruhi implementasi manajemen di kelas III MIN 8 Cirebon.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis metode penelitian
yang dipilih adalah deskriptif analitik, Penelitian ini dilaksanakan di MIN 8
Cirebon. metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian manajemen kelas yang baik terbukti efektif
dalam meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui nilai rata-rata
siswa kelas III MIN 8 Cirebon yang mengalami peningkatan dari sebelum
melakukan implementasikan manajemen kelas dengan baik (pra siklus) yang
menunjukkan persentase 65,15% dan setelah melakukan implementasi
manajemen kelas dengan baik yang menunjukkan angka presentase 72,72%.
Dimana angka presentase 72,72 % masuk dalam hasil persentase.Keefektifan
implementasi manajemen kelas yang baik pada hasil pembelajaran berdasarkan
kategori kemampuan guru dalam mengelola kelas.
Kata kunci: Manajemen kelas, hasil belajar
227307018 | K PGMI-22018 NIM i | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain