Textbook
Pengaruh Pembelajaran Daring menggunakan Media Microsoft Teams selama Pandemi Covid-19 terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi
Pada pembelajaran matematika, pengetahuan mengenai operasi hitung
merupakan pemahaman konsep matematika pada anak yang paling dasar. Namun
dapat diperhatikan bahwa keterampilan berhitung siswa masih lambat sehingga
dalam mengerjakan soal siswa masih ragu-ragu. Hal ini ditandai dengan masih
banyaknya anak yang sulit untuk menyelesaikan operasi hitung seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang diberikan oleh guru.
Selain itu, dikarenakan pandemi covid-19 yang membuat pembelajaran
dilakukan secara daring sehingga siswa semakin merasa kurang dalam memahami
pelajaran yang diajarkan oleh guru karena terbatas oleh fasilitas, waktu, dan lainlain. Kesulitan tersebut menuntut kreativitas guru untuk mengembangkan
pembelajaran agar menjadi mudah dan menarik, baik dalam hal metode maupun
media yang akan digunakan. Untuk itu, digunakan media microsoft teams dalam
proses pembelajaran matematika di kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui
penggunaan media microsoft teams dalam keterampilan berhitung siswa kelas III
SDIT Al-Husnayain Bekasi. 2) Mengetahui keterampilan berhitung siswa kelas III
SDIT Al-Husnayain Bekasi 3) Mengetahui apakah terdapat pengaruh media
microsoft teams terhadap keterampilan berhitung siswa kelas III SDIT AlHusnayain Bekasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain
ex post facto, yang dikarenakan rangkaian variabel bebas yang kejadiannya sudah
terjadi sebelum penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan simple random
sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, tes, dan
dokumentasi.
Berdasarkan pengolahan angket secara keseluruhan, diperoleh skor sebanyak
81% yang tergolong kedalam kategori sangat baik atau sangat layak. Maka hasil ini
menerangkan bahwa siswa merespon dengan baik dalam pembelajaran daring
selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika menggunakan media
microsoft teams. Pada pengolahan tes secara keseluruhan, diperoleh nilai rata-rata
sebesar 70. Maka dapat dikatakan bahwa tingkat keterampilan berhitung siswa
termasuk kedalam kategori sedang. Pengaruh variabel bebas (media microsoft
teams) terhadap variabel terikat (keterampilan berhitung) adalah sebesar 13,1%
sedangkan sisanya yaitu 86,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji regresi
linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,03 lebih kecil dari 0,05,
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring
menggunakan media microsoft teams selama pandemi covid-19 terhadap
keterampilan berhitung siswa kelas III SDIT Al-Husnayain Bekasi
227307014 | K PGMI-22014 SAF p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain