Textbook
Pengaruh Pengunaan Media Corong Hitung Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Di Kelas II MIN 5 Kabupaten Cirebon
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui
dari studi pendahuluan yang mana terdapat permasalahan mengenai minat belajar
siswa dalam belajarnya, seperti kurang semangat dalam pembelajaran.
Penelitian ini mengangkat tentang media corong hitung dalam
Pembelajaran matematika terhadap Minat Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan penggunaan media corong hitung terhadap minat belajar
siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 2 MIN 5 kabupaten cirebon.
Media corong hitung merupakan media dalam bentuk balok yang
digunakan untuk mengoprasikan oprasi hitung dalam matematika. Media Corong
hitung merupakan media pembelajaran tiga dimensi yang terbuat dari botol plastik
dan kardus yang dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran matematika
bagi guru untuk memudahkan menyampaikan pembelajaran kepada siswa dalam
memecahkan masalah persoalan matematika tentang oprasi hitung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
pendekatan one group pretest postets desain. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas II di MIN 5 Kabupaten Cirebon. Pengambilan sampel menggunakan
teknik random sampling sebanyak 14 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini
adalah Pembelajaran mengunakan media corong hitung sementara variabel
terikatnya yaitu minat belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil angket minat siswa di kelas II
MIN 5 Kabupaten cirebon sebelum menggunakan media corong mendapatkan
nilai baik yaitu 78%.sedangkan hasil angket minat belajar setelah
memenggunakan media corong berhitung mendapat nilai lebih besar, yaitu
sebesar 95%. Hasil analisis dilihat bahwa Media Corong Hitung memiliki pengaruh
positif terhadap Minat belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai p-value (sig.t) <
0,05 yaitu 0,003 < 0,05, dan nilai thitung> ttabel yaitu 3.738> 1.782. Artinya Ho
ditolak dan Ha diterima, dengan demikian Terdapat Pengaruh penggunaan Media
Corong Hitung Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa di Kelas II MIN
5 kabupaten Cirebon
227307010 | K PGMI-220010 sit P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain