Textbook
Pengaruh Google Classroom Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di SDIT Nusintama Kabupaten Cirebon
Pembelajaran merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh seorang
pendidik dalam upaya peningkatan kompetensi anak didiknya. Menurut Azhar
(2011) pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat membawa informasi dan
pengetahuan dalam interaksi yang berlangsung antara pendidik dengan peserta
didik dan timbul komunikasi dua arah dalam situasi pembelajaran sehingga tujuan
dari pembelajaran dapat tercapai. Namun permasalahan yang sering terjadi dalam
proses belajar mengajar diantaranya adalah keterbatasan waktu di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Untuk mengetahui penggunaan google
classroom dalam pembelajaran (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa
menggunakan google classroom (3)Untuk mengetahui pengaruh google
classroom terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes,
dan lembar angket. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT
Nusintama Kabupaten Cirebon yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini
dianalisis dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing verivication).
Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan google classroom terhadap hasil
belajar IPA siswa kelas 4 SDIT Nusintama, memiliki pengaruh yang kurang
signifikan karena hasil uji regresi menghasilkan nilai signifikan sebesar 0,908.
Karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05. (2) Hasil belajar IPA dengan
menggunakan google classroom siswa kelas IV SDIT Nusintama Kabupaten
Cirebon dengan jumlah responden sebanyak 25 siswa yaitu, dilihat dari hasil
pretes dan postes menunjukkan perbedaan baik dari mean, nilai minimum, nilai
maksimum maupun jumlah total. (3) Pengaruh Hasil penelitian membuktikan
bahwa pengaruh Google Classroom terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas 4
SDIT Nusintama Kabupaten Cirebon terbukti tidak pengaruh yang cukup
signifikan
227307009 | K PGMI-21009 AGA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain