Textbook
Pengaruh Metode Take And Give Terhadap Hasil Belajar Menulis Puisi Pada Siswa Kelas IV di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon Tahun 2021
Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terdapat dua
faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor
esternal. Dalam proses pembelajaran seorang guru tentunya membutuhkan sebuah
metode pada saat pembelajaran. Dari kurangnya antusiasme siswa menyambut
materi pembelajaran, sampai materi pelajaran yang masih belum siswa pahami
sehingga hasil belajar menulis puisi siswa masih rendah. Maka ingin mencoba
melaksanakan metode pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar menulis
puisi pada siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.
Take and Give adalah metode pembelajaran dimana siswa akan saling
memberi dan memperoleh suatu informasi dari temannya, metode ini juga melatih
siswa untuk menjadi narasumber bagi teman-temannya.
Selain itu metode take and give akan dituangkan dalam pembelajaran
bahasa Indonesia pada materi menulis puisi. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk
mendeskripsikan pelaksanaan metode take and give dalam proses pembelajaran
menulis puisi di kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon; (2) Untuk
mendeskripsikan hasil belajar menulis puisi menggunakan metode take and give
di kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon; (3) Untuk mendeskripsikan
seberapa besar pengaruh metode take and give terhadap hasil belajar menulis puisi
di kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.
Metode penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif yang
mana menggunakan angka-angka dan analisis statistik. Desain yang digunakan
yaitu One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang diambil berjumlah 18
siswa. Sampel yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Instrumen
menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik
analisis data yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
homogenitas, uji linear regresi, uji determinasi, uji korelasi, uji t dan uji hipotesis.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil belajar menulis
puisi pada siswa kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon menunjukkan
dari jumlah siswa sebanyak 18 siswa terdapat nilai minimum sebesar 65 dan nilai
maksimum sebesar 90 dengan rata-rata 76,39. Uji hipotesis diperoleh jika ttabel
dicari dengan ⍺ = 0,05 dan (df) n-2 atau 18 – 2 = 16 jadi ttabel = 0,468 berdasarkan
hasil uji hipotesis bahwa dengan nilai p- value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05,
dan nilai thitung > ttabel yaitu 9,447 > 0,468. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima,
dengan demikian terdapat Pengaruh yang sangat signifikan antara metode take
and give terhadap hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah
Guppi Kota Cirebon
227307005 | K PGMI-22005 ULI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain