Textbook
Pengaruh Pola Asuh Orangtua Permisif Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas 2 Di Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 1 Kabupaten Indramayu
Situasi keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan anak dimana
anak tumbuh dan dibesarkan dilingkungan tersebut. Penentu keberhasilan
pendidikan pada anak ada pada orangtua, anak akan tergantung kepadanya sikap
baik orangtua dalam mendidik dan mengajar anaknya maka anakpun akan
menjadi baik dan terdidik. Sebaliknya, jika sikap buruk orangtua pada anak maka
ahlak dan sikap anakpun akan menjadi buruk. Namun pola asuh orangtua di kelas
2 Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 1 Kabupaten Indramayu masih belum optimal,
sehingga sebagian orangtua masih kurang untuk memberikan bimbingan untuk
menulis.
Pola asuh orangtua permisif dapat diartikan sebagai perilaku orangtua
dalam berinteraksi dengan anak, yang membebaskan anak untuk melakukan apa
yang ingin dilakukan tanpa adanya aturan. Contoh pola asuh orangtua yang
dimaksud salah satunya adalah membimbing menulis. Karena menulis itu sangat
pentingbagi perkembangan anak dalam tahap peningkatan kemampuan anak agar
sesuai dengan tingkat pendidikanya.
Penelitian ini bertujuan untuk ( 1 ) untuk mengetahui pola asuh orangtua
permisif siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 1 ( 2 ) untuk mengetahui
keterampilan menulis siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 1 ( 3 ) untuk
mengetahui pola asuh orangtua permisif dalam keterampilan menulis siswa kelas
2 Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 1 Kabupaten Indramayu.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desai penelitian ex-post-facto. Teknik pengumpulan data ini yaitu
menggunakan angket, dan tes. Sampel yang digunakan dalam penelitih adalah
sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas 2 Sekolah Dasar
Negeri Jayamulya 1 Kabupaten Indramayu yang berjumlah kurang dari 100 yaitu
40 siswa. Data penelitian ini di olah dengan menggunakan uji validitas, uji
normalitas, r square, uji kolerasi, regresi dan uji hipotesis.
Hasil angket pola asuh orangtua permisif variabel (X) yaitu 77% apabila di
interprestasikan hasil nilai 77% maka terletak pada titik 61%-80% yang dapat di
katakan memiliki hasil yang kuat juga memiliki data yang realiable karena
Cronbanch’s Alpha > (900>0,60) dan berdistribusi normal karena nilai
signifikan berada diatas 0,05 yaitu sebesar 0,117 sehingga dapat diketahui bahwa
besarnya pengaruh pola asuh orangtua permisisf terhadap keterampilan menulis
ini dapat diketahui signifikan lebih kecil dari 0,05 dan (8,250) lebih besar
dari (1,68595) maka ditolak diterima, artinya bahwa terdapat
pengaruh pola asuh orangtua permisif terhadap keterampilan menulis siswa kelas
2 Sekolah Dasar Negeri Jayamulya 1 Kanupaten Indramayu
227307003 | K PGMI-22003 ISW p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain