Textbook
Pengaruh Model Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tema 6 „Panas dan Perpindahannya‟ Siswa Kelas VA di MI PGM Kota Cirebon
Penelitian ini didasari oleh permasalahan masih adanya siswa kelas VA
yang belum berhasil dalam proses pembelajaran tematik disekolah. Hasil belajar
siswa rendah terbukti dari perolehan siswa pada saat penilaian ulangan harian
pada mata pelajaran tematik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan model belajar
kelompok di kelas VA MI PGM Kota Cirebon. (2) mendeskripsikan hasil belajar
tema 6 „panas dan perpindahannya‟ siswa kelas VA MI PGM Kota Cirebon. (3)
mendeskripsikan seberapa besar pengaruh model balajar kelompok terhadap hasil
belajar tema 6 „panas dan perpindahannya‟ siswa kelas VA MI PGM Kota
Cirebon.
Hasil belajar menjadi salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran
di kelas tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar itu sendiri,
faktor tersebut digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Model belajar kelompok termasuk faktor eksternal yang dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh
karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas VA MI PGM yang berjumlah 25
orang. Data penelitian ini di olah dengan menggunakan uji validitas, uji
normalitas, uji homogenitas, uji koefisien korelasi, uji regresi sederhana, uji
koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Hasil angket model belajar kelompok yaitu 80% memiliki hasil yang kuat.
Dari skor maksimal hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 77
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa baik. Terdapat pengaruh yang signifikan
antara penggunaan model belajar kelompok dengan hasil belajar siswa sebesar
52,3%, dengan nilai sig 0.000< probabilitas 0.05. kemudian diketahui t hitung < t
table yakni sebesar -4.5345 < 2.060, maka dapat disimpulkan di terima dan
di tolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model belajar
kelompok terhadap hasil belajar siswa.
227307002 | K PGMI-22002 KIK p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain