Textbook
Minat Belajar IPS Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Melalui Pengelolaan Media Foto Kelas IX di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon
Pada pendidikan formal untuk sekarang yang kedaannya sedang terjadi
bencana non alam yang diharuskan pendidikan formal ditutup dan tidak
dibolehkannya ada proses pembelajaran yang dilakukkan secara tatap muka,
sekarang pendidikan sudah mulai proses belajar baru yaitu pembelajaran daring.
Pembelajaran daring yang harus menggunakan media lain dalam proses belajar
dengan jarak jauh antara guru dan siswa menimbulkan kurangnya pengawasan
belajar terhadap siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana media foto
dijadikan sarana dalam pembelajaran Daring di MTs Mafatihu Huda. 2)
Bagaimana pengelolaan media foto dalam pembelajaran Daring di MTs Mafatihul
Huda. 3) Bagaimana minat belajar IPS siswa dalam pembelajaran Daring melalui
media foto di MTs Mafatihul Huda.
Dilihat dari permasalahan penelitian ini, peneliti dapat menganalisis
penerapan pengelolaaan media foto dalam pembelajaran daring terhadap minat
belajar siswa pelajaran IPS.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh
dari obeservasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data
melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan: 1). Saran pembelajaran daring dengan
menggunakan media foto memberi foto yang berisi materi pembelajaran kepada
siswa untuk dilihat dan dibaca kemudian dipahami. 2). Pengelolaan media foto
dalam pemebelajaran daring dianggap lebih efisien dan semua siswa bisa
mengakses foto pembelajaran tersebut. 3). Minat belajar siswa terhadap pelajaran
IPS dalam pembelajaran daring menggunakan media foto sangat tinggi. Hal ini
dilihat dari keantusiasan siswa dalam pembelajaran karena lebih mudah untuk
dipahami
227304060 | K IPS-22060 QOR m | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain