Textbook
Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon
Berdasarkan latar belakang masalah bahwa di MA Salafiyah Kota Cirebon
ini siswa nya mayoritas dari kalangan santri, di MA Salafiyah sendiri sudah
menerapkan kecerdasan spiritual setiap paginya dengan melaksanakan sholat duha
dan membaca asmaul husna sebelum pelajaran di mulai. Tidak dipungkiri masih
ada beberapa siswa yang jarang melaksanakan hal tersebut dikarenakan ada
beberapa faktor penyebab, seperti kurangnya dorongan dan keinginan untuk
belajar, dikarenakan kurang motivasi pada dalam dirinya sehingga selalu telat
untuk masuk sekolah sehingga jarang mengikuti kegiatan rutin setiap pagi.
Motivasi yang kurang bisa mempengaruhi hasil belajar siswa yang kurang
maksimal, maka dari itu siswa belum menyadari bahwa belajar adalah suatu hal
yang wajib sebagai bentuk ibadah kepada Allah, akan tetapi siswa masih
menganggap bahwa belajar merupakan sebagian tuntutan.
Tujuan melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1). bagaimana
kecerdasan spiritual siswa 2) bagaimana motivasi belajar siswa 3) bagaimana
hasil belajar siswa 4) seberapa besar pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil
belajar siswa 5) seberapa besar motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa 6)
seberapa besar pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran sosiologi di MA Salafiyah Kota Cirebon
Pentingnya mengembangkan dan mengoptimalkan kecerdasan spiritual
dan motivasi belajar yang berpengaruh terhadap pencapaian siswa, hal tersebut
harus dilakukan dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan yang positif setiap
harinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan
berjumlah 28 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi,
angket dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah uji
prosentase, uji homogenitas, uji normalis, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji
determinasi, uji koefisien korelasi, uji regresi linier berganda, uji hipotesis.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket kecerdasan
spiritual sebesar 71,70% dan motivasi belajar sebesar 65,74% nilai ini berada di
antara (55%-74%) pada kategori baik. Nilai kecerdasan spiritual dan motivasi
belajar t hitung (2,508 dan 2,645) lebih besar dari t tabel 2,060 pada taraf
signifikan (0,019 dan 0,014) lebih kecil dari pada 0,05. Ho ditolak Ha diterima.
Artinya terdapat pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar secara
sendiri-sendiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di MA
Salafiyah Kota Cirebon. Nilai F hitung sebesar 13,485 > F tabel sebesar 3,385
maka kecerdasan spiritual dan motivasi belajar berpengaruh secara bersama-sama
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi di MA Salafiyah Kota
Cirebon.
227304059 | K IPS-22059 RIN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain