Textbook
Pelaksanaan Penilaian Pada Aspek Kognitif dalam Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon
Tugas seorang Guru adalah mendidik Peserta Didik, memberikan
pengetahuan serta melakukan penilaian terhadap setiap kegiatan yang terselenggara
pada proses pembelajaran. yakni kemampuan seseorang guru untuk mengukur dan
menilai sejauh mana guru telah mampu memberikan ilmu pengetahuan kepada
peserta didiknya. Penilaian adalah bagian terpenting dalam proses pembelajaran,
karena dari proses pembelajaran tersebut guru dapat mengetahui seberapa jauh
proses pembelajaran tersebut sudah mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang
ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui rancangan penilaian pada
aspek kognitif, mengetahui pelaksanaan penilaian dan untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat penilaian pada aspek kognitif dalam mata pelajaran IPS
di MTs Al Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon.
Penilaian adalah proses pengumpulan informasi secara menyeluruh yang
dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui kemampuan atau keberhasilan
siswa dalam pembelajaran dengan menilai kinerja siswa baik kinerja secara individu
maupun dalam kegiatan kelompok yang harus mendapatkan perhatian yang lebih
dari seorang guru. Dengan demikian, penilaian tersebut harus dilaksanakan dengan
baik, karena penilaian merupakan komponen vital (utama) dari pengembangan diri
yang sehat, baik bagi individu (siswa) maupun bagi organisasi/kelompok.
Penelitian ini, menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif
menggunakan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII
MTs Al Bannaa Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Sedangkan yang menjadi sampel
adalah 15% dari 134 sebesar 20 siswa. Sumber data dikumpulkan melalui observasi,
analisis butir soal, Kuesioner (angket), studi kepustakaan dan dokumentasi.
Hasil penelitian rancangan pelaksanaan penilaian pada aspek kognitif
dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pendefinisian dan perancangan. Berdasarkan
analisis data dari angket yang berjumlah 10 soal yang diberikan kepada 20
responden didapatkan hasil mengenai respon siswa dalam Pelaksanaan Penilaian
pada Aspek Kognitif dalam pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al Bannaa Kecamatan
Dukupuntang Kabupaten Cirebon termasuk dalam kategori baik sekali dengan
jumlah skor 76,9% karena berada diantara 75% - 100%. Faktor pendukung
pelaksanaan penilaian yaitu Kepemimpinan Kepala Madrasah yang sangat peduli
dengan proses penilaian Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu faktor
madrasah yang masih dalam kategori sekolah yang kecil.
227304040 | K IPS-22040 MUH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain