Textbook
Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon
i dan perasaan seseorang, kemampuan memotivasi diri sendiri dan
kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam
hubungannya dengan orang lain. Pada studi awal ditemukan bahwa siswa tidak
dapat mengelola emosi dengan baik, suka berkata kasar sehingga dapat
berpenggaruh terhadap kegiatan berinteraksi siswa dengan orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh
kecerdasaan emosional siswa, interaksi sosial siswa serta mengetahui tentang
seberapa besar pengaruh kecerdasaan emosional siswa terhadap interaksi sosil
siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon.
Kecerdasaan emosional merupakan kemampuan lebih dimiliki oleh
seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan,
mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa.
Interaksi sosial merupakan hubungan yang terjadi antara dua orang atau lebih,
dimana diantara individu yang satu dengan individu yang lainnya saling
mempengaruhi terjadinya hubungan timbal balik dan disertai adanya kontak sosial
dan komunikasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini
menggunakan dua kelompok variabel yaitu variabel X (kecerdasaan emosional )
serta variabel Y (interaksi sosial ). Populasi penelitianya adalah seluruh siswa
kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati dengan jumlah yang dipilih secara random
sampling, sehingga sampelnya yaitu 38 responden. Adapun teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan angket dan studi dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, normalitas dan determinan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) tingkat kecerdasaan emosional
siswa dari 38 responden kelas VIII yaitu 79,44 termasuk cukup dengan nilai
tengah 81 dan nilai yang sering muncul yaitu 77 (2) tingkat interaksi sosial siswa
dari 38 responden kelas VIII yaitu 81,86 termasuk baik dengan nilai tengah 80,05
dan nilai yang sering muncul yaitu 85 (3) dari uji normalitas diperoleh hasil
Asymp.sig sebesar 0,064 oleh karena itu 0,064 >0,05 maka data tersebut tidak
signifikan, sehingga dapat disimpulkan data tersebut berasal dari populasi yang
normal (4) nilai sig sebesar 0,001, oleh sebab itu, karena 0,001 0,320 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasaan
emosional terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati
Kabupaten Cirebon.
227304036 | K IPS-22036 ANI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain